Perbandingan Payment Gateway di Indonesia [2023] - HitPay vs. Xendit, Midtrans, dan Doku

Dalam artikel perbandingan payment gateway ini, kami melihat hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih payment gateway di Indonesia.

Perbandingan Payment Gateway di Indonesia [2023] - HitPay vs. Xendit, Midtrans, dan Doku

Memilih payment gateway terbaik untuk usaha Anda Indonesia?

Dalam artikel perbandingan payment gateway di Indonesia ini, kami melihat hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih payment gateway dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari platform pembayaran populer lainnya yang ada di Indonesia - Xendit, Midtrans, Doku, dan HitPay.

5 faktor penting saat memilih payment gateway di Indonesia

1) Harga

Payment gateway di Indonesia mengambil persentase dari total pendapatan Anda dalam bentuk biaya transaksi. Biaya ini sering kali didasarkan pada pilihan metode pembayaran pelanggan Anda.

Jika Anda ingin mengurangi jumlah biaya yang Anda bayarkan, pilihlah payment gateway yang memungkinkan Anda membagi atau mengalihkan biaya transaksi ke pelanggan Anda.

2) Waktu penyelesaian pembayaran

Seberapa cepat waktu yang dibutuhkan payment gateway untuk mentransfer penghasilan penjualan ke rekening Anda?

Payment gateway akan menyimpan uang selama beberapa hari sebelum mentransfernya ke rekening Anda. Waktu penyelesaian pembayaran ini dapat memengaruhi cara Anda mengelola arus kas.

3) Metode pembayaran dan mata uang yang didukung

Pelanggan di Indonesia menggunakan berbagai metode pembayaran mulai dari uang tunai, transfer bank, e-wallet, dan QRIS — sistem transfer pembayaran nasional Indonesia.

Pastikan Anda mengenal preferensi pembayaran target audiens Anda agar Anda dapat menawarkannya di platform e-commerce dan saluran penjualan Anda. Keberagaman mata uang juga berguna jika Anda menjalankan bisnis di luar Indonesia.

4) Integrasi online

Payment gateway harus dapat diintegrasikan dengan alat lain atau memiliki alat yang Anda butuhkan agar dapat berjualan online secara efisien.

Beberapa integrasi online yang berguna untuk para penjual e-commerce:

  • Toko online gratis: Tidak banyak platform payment gateway yang memiliki fitur pembuat toko online, antara Anda membutuhkan payment gateway yang sudah termasuk di dalamnya atau payment gateway yang harus diintegrasikan dengan platform e-commerce pilihan Anda.
  • Link pembayaran: Menerima pembayaran secara online melalui media sosial, e-mail atau aplikasi chatting dengan memberikan link pembayaran.
  • Pembuat faktur: Buat faktur secara instan untuk dikirim ke pelanggan Anda.
  • Integrasi software akuntansi: Tidak perlu repot membuat pembukuan manual, mulai dengan pembukuan transaksi secara otomatis

Baca juga: 7 software yang wajib dimiliki UMKM dan gratis

5) Integrasi POS

Menerima pembayaran secara langsung? Payment gateway yang baik adalah yang lebih dari sekadar memproses pembayaran untuk membantu Anda menghemat waktu dan mengurangi biaya.

Berikut ini adalah software POS yang berguna dan harus dimiliki oleh payment gateway Anda:

  • Pembayaran langsung yang mudah: Alat seperti Scan QR untuk bayar dapat membantu Anda menerima pembayaran POS dalam hitungan detik, hanya menggunakan ponsel Anda.
  • Manajemen inventaris: Membantu mengelola inventaris, memberi tahu Anda untuk melakukan restock di seluruh saluran online dan offline Anda.
  • Alat untuk bisnis: Pembuat faktur, custom tanda terima dan faktur, serta integrasi printer untuk struk.
  • Pengelolaan lokasi toko dan staff: Berjualan di berbagai lokasi menjadi lebih mudah dengan fitur bisnis untuk merekap penjualan, menambah atau menghapus anggota staff, dan masih banyak lagi.

Perbandingan payment gateway terbaik di Indonesia - 2023


Xendit

Didirikan pada tahun 2015, Xendit merupakan pilihan yang dapat diandalkan di Indonesia karena menyediakan berbagai macam metode pembayaran lokal. Namun, Xendit tidak menawarkan fitur toko online, jadi Anda perlu menambahkan platform e-commerce eksternal untuk berjualan online.

Kelebihan:
✅ Tidak terdapat biaya pendaftaran atau biaya tahunan. Hanya bayar per transaksi
✅ Pendaftaran mudah tanpa memerlukan pengetahuan teknis
✅ Memiliki fitur pembayaran canggih seperti faktur, pembayaran otomatis selama 24/7, dan memfasilitasi pembayaran di seluruh sub-merchant atau mitra

Kekurangan:
❌ Tidak termasuk software bisnis tambahan. Jika Anda perlu mengelola inventaris dan atau membuat toko e-commerce, Anda akan membutuhkan platform lain.

Midtrans

Bagian dari platform GoTo Financial, Midtrans merupakan payment gateway yang sesuai untuk UMKM di Indonesia, dengan dukungan 25+ metode pembayaran lokal dan fitur-fitur manajemen pesanan. Namun, Anda mungkin ingin mencoba alternatif lain jika Anda tidak menggunakan Shopify atau WooCommerce.

Kelebihan:
✅ Tidak terdapat biaya pendaftaran atau biaya tahunan. Hanya bayar per transaksi
✅ 25+ metode pembayaran dengan fitur manajemen pesanan

Kekurangan:
❌ Integrasi platform e-commerce pihak ketiga yang terbatas. Tidak semua toko online didukung
❌ Tidak terdapat integrasi akuntansi atau software bisnis tambahan

Doku

Payment gateway Doku dilengkapi dengan e-Katalog (toko online tanpa coding) tetapi tidak memiliki fitur-fitur penting seperti integrasi software akuntansi dan integrasi e-commerce.

Kelebihan:
✅ Tidak terdapat biaya pendaftaran atau biaya tahunan. Hanya bayar per transaksi
✅ Menyediakan faktur tanpa coding, pembuat toko online dan link pembayaran

Kekurangan:
❌ Tidak termasuk integrasi akuntansi
❌ Integrasi platform e-commerce pihak ketiga yang terbatas. Hanya mendukung Magento, PrestaShop, Shopify dan WooCommerce

HitPay Indonesia

HitPay adalah platform pembayaran online dan offline yang dikhususkan untuk UMKM. Didirikan di Singapura, HitPay baru saja rilis di Indonesia.

Kelebihan:
✅ Tidak terdapat biaya pendaftaran, biaya tahunan atau minimum transaksi bulanan. Hanya bayar per transaksi (atau mengalihkan semua biaya merchant kepada pelanggan)
✅ Mendukung platform e-commerce terbesar, yaitu Shopify, WooCommerce, EasyStore, Prestashop, Magento, OpenCart, Shopcada, Ecwid, Wix, dan Google Forms
✅ Gratis semua software bisnis yang Anda butuhkan (Software faktur otomatis, pembuat website, dan masih banyak lagi)
Sistem POS terintegrasi untuk menyinkronkan penjualan online dan offline secara otomatis
Integrasi akuntansi dengan Xero dan Quickbooks

Kekurangan:
❌ Terminal kartu kredit tidak tersedia pada saat launching, tetapi akan segera hadir.

Lihat harga HitPay dan metode pembayaran disini.

Perbandingan Payment Gateway di Indonesia

Fitur Payment Gateway

Harga and Waktu Penyelesaian Pembayaran

Payment gateway online terbaik di Indonesia

Jika Anda menginginkan platform pembayaran yang lengkap untuk mengembangkan bisnis Anda, HitPay Indonesia mungkin cocok untuk Anda.

Ingin melihat bagaimana cara kerja HitPay Indonesia?
Hubungi kami untuk demo gratis!


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!