10 Pertanyaan Umum Tentang QRIS GoPay di Indonesia

QRIS dari GoPay membawa berbagai keunggulan signifikan dalam dunia transaksi online di Indonesia. Dari kemudahan penggunaan hingga kecepatan transaksi dan peningkatan keamanan, metode pembayaran ini memberikan solusi yang efektif dan nyaman bagi pembeli maupun penjual.

10 Pertanyaan Umum Tentang QRIS GoPay di Indonesia
Panduan Lengkap QRIS di Indonesia: 10 Pertanyaan Umum Tentang QRIS GoPay di Indonesia

Dalam urusan transaksi pembayaran di Indonesia, ada banyak pilihan metode yang dapat dipilih oleh para pembeli, baik itu secara online maupun offline. Beberapa orang ada yang lebih suka membayar dengan uang tunai, sementara yang lain memilih menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Namun, sekarang ini, semakin banyak orang di Indonesia yang memilih metode pembayaran non-tunai, seperti QRIS yang digunakan oleh GoPay, OVO, dan ShopeePay.

Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS merupakan inovasi terbaru dalam dunia pembayaran digital di Indonesia. Dan GoPay, adalah salah satu platform pembayaran yang telah banyak digunakan di kalangan pedagang di Indonesia. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang QRIS GoPay, berikut adalah tujuh pertanyaan umum yang sering diajukan.

Apa itu QRIS GoPay

Sistem pembayaran QRIS dari GoPay menawarkan berbagai keunggulan dalam transaksi online. Mulai dari kemudahan penggunaan, kecepatan, tingkat keamanan yang terus ditingkatkan, serta integrasi yang mudah dengan berbagai platform e-commerce. Selain itu, GoPay juga menyediakan beragam promo dan diskon QRIS yang menguntungkan bagi pelanggan.

Jika Anda adalah pelaku UMKM, lebih baik Anda menggunakan payment gateway seperti HitPay. Karena, HitPay mendukung seluruh metode pembayaran digital di Indonesia, mulai dari QRIS (termasuk OVO, gopay, Link Aja!, Dana, ShopeePay, WeChat Pay) dan metode pembayaran populer di Indonesia lainnya seperti virtual account, BNPL, direct debit, gerai retail, e-wallet, dan kartu kredit serta debit.

7 pertanyaan umum QRIS GoPay

GoPay Merchant

Berikut beberapa pertanyaan umum seputar QRIS GoPay yang sering diajukan, ini tujuh di antaranya:

  1. Apa itu QRIS
    QRIS adalah kepanjangan dari Quick Response Code Indonesian Standard, yang merupakan standar kode QR yang digunakan di Indonesia untuk pembayaran elektronik. QRIS memungkinkan pembayaran yang mudah, cepat, dan aman dengan menggunakan kode QR yang dapat dipindai melalui aplikasi perbankan atau dompet digital
  2. Bagaiman Cara daftar qris & mendapatkan barcode qris?
    Untuk mendaftar QRIS, hubungi penyedia jasa pembayaran terdaftar di Bank Indonesia, lengkapi formulir pendaftaran, dan sertakan dokumen yang diperlukan. Setelah proses selesai, penyedia akan memberikan barcode QRIS yang dapat Anda gunakan untuk menerima pembayaran elektronik.
  3. Bank atau non bank mana saja yang Tersedia Fitur Qris?
    Sebagian besar bank besar di Indonesia telah menyediakan fitur QRIS untuk memfasilitasi pembayaran elektronik. Beberapa di antaranya termasuk qris bank mandiri, qris bni, qris bri, qris dana. Untuk daftar lengkap nya bisa mengunjungi website berikut
  4. Apa itu GoPay Merchant?
    GoPay Merchant adalah sebuah layanan yang disediakan oleh GoPay, yang memungkinkan para pedagang untuk menerima pembayaran dari pelanggan dengan mudah. Para pedagang atau pemilik toko dapat membuat kode QRIS yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui pemindaian atau scan kode tersebut.
  5. Bagaimana Cara Pelanggan Saya Membayar QRIS Melalui GoPay?
    Sampaikan ke petugas kasir bahwa Anda akan menggunakan GoPay untuk pembayaran. Lalu, buka aplikasi Gojek dan pilih opsi "scan". Kemudian, arahkan kamera Anda ke kode QRIS yang tersedia atau pada struk QRIS yang diberikan oleh pedagang. Dan terkahir, periksa kembali apakah jumlah pembayaran sudah sesuai sebelum melanjutkan transaksi.
  6. Apakah Harus Pakai KTP Untuk Menjadi Merchant QRIS GoPay?
    Agar bisa mendapatkan QRIS pribadi untuk bisnis Anda, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar melalui aplikasi atau laman resmi QRIS. Proses pendaftaran ini melibatkan pengumpulan beberapa dokumen penting, seperti KTP/KITAS/Paspor, izin usaha yang sah, dan NPWP. Setelah dokumen-dokumen tersebut diverifikasi, Bank Indonesia akan menerbitkan QRIS khusus untuk bisnis Anda. 
  7. Pelanggan Saya Bisa Menggunakan QRIS GoPay Untuk Apa Saja?
    Pelanggan Anda dapat memanfaatkan QRIS GoPay untuk berbagai keperluan pembayaran, mulai dari pembelian pulsa, token listrik, voucher game, hingga pembayaran tagihan, semua dapat dilakukan melalui aplikasi GoPay.
  8. Uang yang Dibayar Pelanggan Lewat QRIS GoPay Masuk Kemana?
    Dengan mengaktifkan QRIS, uang yang dibayarkan oleh pelanggan Anda melalui kode QR akan terkirim otomatis ke saldo GoPay merchant. Cara aktivasi QRIS ini bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu melalui QRIS fisik atau QRIS yang terdapat dalam aplikasi GoBiz. Sebelum memulai aktivasi, penting untuk terlebih dahulu mendaftarkan akun bisnis Anda di aplikasi GoBiz.
  9. Cara Menerima Pembayaran QRIS melalui Aplikasi GoPay Merchant?
    Jika Anda belum terdaftar sebagai GoPay Merchant, silakan mendaftar di situs ini. Anda dapat menggunakan metode sederhana ini untuk menerima pembayaran QRIS:
    1. Buka menu 'Kode QR'.
    2. Masukkan jumlah transaksi yang harus dibayar oleh pelanggan.
    1. Klik 'Buat Kode QR.' Kode QRIS Dinamis akan muncul dengan jumlah pembayaran yang Anda masukkan sebelumnya.
    2. Instruksikan pelanggan untuk memindai Kode QRIS Dinamis. Jika Kode QRIS Dinamis tidak dipindai dalam waktu 10 menit, kode QR tersebut tidak akan
    3. Mintalah pelanggan untuk memberikan bukti pembayaran yang berhasil.
  10. Apa Keuntungan Menggunakan QRIS Merchant?
    Tentu dengan QRIS, segala transaksi menjadi jauh lebih praktis. Karena, Anda hanya perlu satu kode QR untuk berbagai transaksi, mengurangi biaya pengelolaan uang tunai, menghindari uang palsu, dan tak perlu lagi repot soal kembalian.

    Daripada Anda hanya menerima satu metode pembayaran, lebih bijak lagi jika Anda menerima pembayaran dari semua metode sekaligus menggunakan satu payment gateway melalui HitPay. Karena, HitPay adalah payment gateway yang mampu menerima berbagai jenis metode pembayaran dan secara otomatis mencatat seluruh data transaksi Anda dalam satu aplikasi.

Bagi merchant yang ingin menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran yang praktis, langkah pertama adalah dengan mendaftar kepada penyedia layanan payment gateway yang ada di Indonesia, seperti HitPay.

Keunggulan menarik yang ditawarkan oleh HitPay adalah akses eksklusif ke beragam kode QR, termasuk: OVO, gopay, Link Aja!, Dana, ShopeePay, dan WeChat Pay. Tentu ini akan mungkinkan pelanggan Anda melakukan transaksi pembayaran dengan mudah, baik pelanggan lokal maupun internasional.

Anda penasaran untuk mencoba HitPay pada bisnis Anda?

Yuk, jadwalkan demo gratis bersama kami sekarang, atau bisa juga Anda mendaftar ke platform kami untuk melihat bagaimana cara kerja HitPay membantu bisnis Anda.


Tentang HitPay

HitPay adalah platform omnichannel yang memiliki misi untuk memberdayakan UMKM dengan solusi payment gateway lengkap tanpa perlu coding. Ribuan merchant telah mengembangkan bisnis mereka dengan produk-produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran secara langsung maupun online dengan mudah. Mari bergabung dengan komunitas merchant kami hari ini!