Perbandingan 13 Payment Link di Indonesia [2023]: Pilihan Metode Pembayaran Terbaik Untuk Bisnis Online Anda

Berikut adalah daftar dan perbandingan payment link terbaik di Indonesia untuk UMKM Anda.

Perbandingan 13 Payment Link di Indonesia [2023]: Pilihan Metode Pembayaran Terbaik Untuk Bisnis Online Anda

Mencari payment link terbaik untuk bisnis kecil-kecilan atau UMKM Anda di Indonesia? Di artikel ini, kami membandingkan iPaymu, Midtrans, Doku, HitPay, dan masih banyak lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai metode pembayaran online telah muncul untuk memudahkan proses pembayaran, dan salah satu metode pembayaran terbaru yang semakin populer adalah payment link.

Payment link adalah sebuah tautan atau URL yang memungkinkan pelanggan Anda untuk melakukan pembayaran online. Proses pembayaran ini terhubung langsung dengan akun pembayaran Anda selaku pemilik usaha, sehingga proses pembayaran menjadi lebih mudah dan aman.

Dengan panduan singkat ini, Anda akan dapat memahami payment link secara menyeluruh dan dapat memutuskan mana payment link terbaik yang dapat memudahkan proses transaksi online untuk usaha Anda.

Prefer to read this article in English? πŸ‡¬πŸ‡§
Click here: Comparison of 13 Payment Links in Indonesia

Apa itu payment link dan bagaimana cara kerjanya

Payment link adalah sebuah tautan atau URL yang digunakan untuk melakukan pembayaran online. Dengan menggunakan payment link, pelanggan Anda dapat melakukan pembayaran dengan cara mengakses link tersebut dan mengisi formulir pembayaran yang tersedia.

Jika pembayaran yang dilakukan berhasil, dana yang dikirimkan akan tiba pada saldo akun payment link milik Anda atau langsung sampai di rekening bank Anda, sesuai dengan jadwal settlement layanan payment link pilihan Anda.

Cara kerja payment link

Walau cara kerja payment link akan berbeda-beda berdasarkan layanan tiap-tiap perusahaan, pada umumnya cara kerja payment link yang berlaku adalah sebagai berikut:

  1. Anda, selaku pemilik usaha, membuat payment link dan mengirimkan link tersebut kepada pelanggan Anda
  2. Pelanggan Anda membuka link tersebut dan diarahkan ke halaman pembayaran
  3. Kemudian, pelanggan Anda memilih metode pembayaran dan mengisi informasi pembayaran seperti nominal yang harus dibayarkan, nama dan nomor rekening yang akan digunakan, dan lain-lain.
  4. Lalu, pelanggan Anda perlu melakukan pembayaran dengan mengklik tombol "Bayar"
  5. Setelah pembayaran berhasil dilakukan, pelanggan Anda akan menerima notifikasi bahwa pembayaran telah diterima

5 aspek penting untuk diperhatikan sebelum memilih layanan payment link untuk usaha Anda

1. Cara membuat payment link di HitPay

Memilih layanan payment link yang tepat untuk usaha Anda memang bukan hal yang mudah dilakukan. Ada berbagai aspek yang perlu Anda perhatikan, dan lima terpenting di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Keamanan dan keandalan: Pastikan bahwa layanan payment link pilihan Anda, misalnya Midtrans atau HitPay, memiliki sertifikasi keamanan dan enkripsi data untuk melindungi informasi pribadi dan finansial pelanggan.
  2. Biaya transaksi: Ketahui dengan lengkap segala biaya transaksi yang akan dikenakan oleh layanan payment link pilihan Anda dan pastikan bahwa biaya transaksi yang ditawarkan sesuai dengan anggaran dan kebutuhan bisnis Anda.
  3. Metode pembayaran yang tersedia: Pastikan payment link yang Anda pilih menyediakan berbagai metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan juga sesuai dengan preferensi pelanggan Anda.
  4. Kemudahan integrasi: Payment link yang Anda pilih harus mudah untuk diintegrasikan dengan platform e-commerce yang Anda gunakan. Akan lebih baik lagi jika layanan payment link yang ditawarkan tidak memerlukan kemampuan pemrograman untuk mulai bisa digunakan sebagai kanal pembayaran Anda.
  5. Layanan pelanggan: Terakhir, pastikan payment link pilihan Anda memiliki layanan pelanggan yang baik dan responsif. Hal ini penting jika di kemudian hari Anda memerlukan bantuan ketika terdapat masalah dalam penggunaan sistem payment link.

Pada bagian ini, kami akan membandingkan 13 payment link terbaik di Indonesia yang masih beroperasi per tahun 2023 ini. Berikut gambaran umumnya:

2. Tabel perbandingan 13 payment link terbaik di Indonesia

Anda bisa mengetahui lebih lanjut detil fitur, serta tiap-tiap kelebihan dan kelemahan 13 layanan payment link yang kami sebutkan di atas, pada penjelasan di bawah ini:

1) PayPal

PayPal adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang menyediakan jasa transfer uang dan transaksi pembayaran secara online. Walau PayPal biasa dikenal untuk layanan kirim dan terima uang ke dan dari luar negeri, PayPal juga memiliki layanan payment link bernama PayPal.Me.

Kelebihan:
βœ…
Mudah digunakan, terutama untuk penjual dan pembeli yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam berbelanja online
βœ… Sistem keamanan mumpuni, termasuk Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran (PCI DSS) serta sistem dan perlindungan anti-fraud, baik untuk Anda maupun pelanggan
βœ… Tidak memerlukan kemampuan coding untuk mulai menggunakan PayPal.Me

Kelemahan:
❌
Transaksi jual-beli internasional (yang berlaku untuk semua negara selain Amerika Serikat) dikenakan penambahan biaya per transaksi sebesar 1,5%
❌ Kurang cocok untuk transaksi lokal di Indonesia, karena metode pembayaran yang diterima hanya kartu debit, kredit, dan saldo PayPal

2) Stripe

Stripe merupakan perusahaan teknologi finansial yang didirikan pada tahun 2010 oleh John dan Patrick Collison. Berkantor pusat di San Francisco, Stripe telah berkembang pesat dan saat ini merupakan salah satu perusahaan pembayaran online terbesar di dunia.

Kelebihan:
βœ…
Memiliki fitur Stripe Checkout, yang menawarkan fleksibilitas tinggi dalam hal kustomisasi, termasuk dari segi UX/UI
βœ… Menerima transaksi dengan berbagai metode pembayaran yang populer di seluruh dunia, termasuk kartu kredit, kartu debit, dompet digital, dan transfer bank
βœ… Set-up akun Stripe cukup mudah dan dapat dilakukan hanya dalam beberapa langkah
βœ… Tingkat keamanan sangat tinggi dan sudah memenuhi standar keamanan PCI DSS
βœ… Mudah diintegrasikan ke platform e-commerce lainnya

Kelemahan:
❌
Per April 2023, registrasi Stripe masih berbasis undangan; tidak semua perusahaan Indonesia berkesempatan untuk menggunakan Stripe
❌ Akun Stripe yang dibuat di Indonesia tidak dapat digunakan untuk transaksi lintas negara

3) iPaymu

iPaymu adalah software gratis yang menyediakan solusi pembayaran mudah dan aman untuk toko online dan pemilik usaha. Meskipun awalnya perusahaan yang didirikan pada tahun 2011 memiliki fungsi utama sebagai payment gateway, iPaymu juga sekarang menawarkan layanan payment link.

Kelebihan:
βœ…
Transaksi antara Anda dan pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode pembayaran yang berlaku di Indonesia, termasuk transfer bank, kartu debit/kredit, gerai minimarket, e-wallet, dan lain-lain
βœ… Set-up relatif mudah karena tidak memerlukan coding untuk integrasi sistem
βœ… Plug-in tersedia untuk platform e-commerce tertentu (misalnya WooCommerce, PrestaShop, Opencart)

Kelemahan:
❌ Tidak tersedia integrasi dengan software akuntansi pihak ketiga, sehingga Anda nantinya harus melakukan pemindahan data transaksi secara manual ke software akuntansi Anda

4) Midtrans

Midtrans menyediakan infrastruktur pembayaran yang aman dan andal untuk bisnis online, termasuk payment link. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2012 ini menerima transaksi dengan berbagai metode pembayaran online, termasuk GoPay, QRIS, transfer bank, kartu kredit/debit, dan dompet elektronik.

Kelebihan:
βœ…
Dengan 24 pilihan yang tersedia, Midtrans menawarkan salah satu pilihan metode pembayaran terlengkap dibandingkan payment link Indonesia lainnya, baik yang umum seperti e-wallet, kartu kredit/debit Visa dan Mastercard, hingga yang lebih tidak biasa seperti pembayaran tunai di gerai dan pembayaran dengan kartu kredit/debit JCB dan American Express
βœ… Proses set-up relatif mudah
βœ… Sudah mengantongi sertifikasi PCI DSS untuk menjamin keamanan transaksi, dan dilengkapi sistem deteksi penipuan bernama AEGIS

Kelemahan:
❌
Tidak semua toko online didukung dengan integrasi platform e-commerce pihak ketiga
❌ Tidak menerima pembayaran e-wallet terintegrasi menggunakan OVO

5) Finpay

Finpay merupakan anak perusahaan Telkom Indonesia yang menawarkan layanan payment link. Selain layanan tersebut, perusahaan ini juga memiliki layanan finansial lainnya seperti transfer dana dan e-wallet.

Kelebihan:
βœ…
Finpay menawarkan halaman checkout berbasis API yang ramah pengguna dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai pemilik usaha
βœ… Didukung dengan sistem keamanan mumpuni seperti sidik jari dan pengenalan wajah, dan juga fitur keamanan tambahan seperti Address Verification System (AVS)
βœ… Set-up Finpay mudah dan cepat, dan dapat dilakukan seluruhnya online
βœ… Terdapat opsi settlement time secara langsung khusus untuk transaksi di atas IDR 100.000.000

Kelemahan:
❌
Biaya terkait dengan penggunaan Finpay cukup berat jika Anda memiliki volume dan nilai transaksi rendah
❌ Meskipun Finpay menawarkan payment link sebagai salah satu layanan mereka, tidak banyak informasi yang tersedia mengenai detail sistemnya

6) Faspay

Faspay adalah layanan payment gateway yang telah beroperasi sejak tahun 2011, dan juga menawarkan layanan payment link sebagai bagian dari produk Faspay Billing.

Kelebihan:
βœ…
Menyediakan berbagai metode pembayaran yang berlaku secara lokal dan internasional, termasuk transfer bank, kartu kredit (Visa/Mastercard/JCB/Amex), virtual account, dan e-wallet
βœ… Terdapat layanan premium gratis dengan fitur-fitur ekstra seperti diskon tarif transaksi dan integrasi tambahan, khusus untuk usaha yang melakukan lebih dari 1.000 transaksi per bulan
βœ… Aman; sudah memiliki sertifikat PCI DSS

Kelemahan:
❌
Membutuhkan kemampuan pemrograman untuk dapat mulai menggunakan Faspay Billing, karena sistem berbasis integrasi API

7) Xendit

Xendit merupakan perusahaan yang menyediakan infrastruktur pembayaran bagi masyarakat Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara, khususnya untuk pengusaha. Selain berfungsi sebagai payment link, Xendit juga memiliki sistem yang didesain untuk mempermudah dan memproses pembayaran serta mendeteksi segala bentuk penipuan.

Kelebihan:
βœ…
Menyediakan berbagai metode pembayaran online, baik yang berlaku di Indonesia maupun secara global, termasuk kartu kredit dan debit, transfer bank, gerai ritel, dan virtual account
βœ… Memiliki banyak fitur, termasuk integrasi terkait callback invoice and kustomisasi untuk menerima notifikasi setiap kali ada invoice yang terbuat, terbayar, ataupun kadaluarsa
βœ… Fitur keamanan yang baik; selain standar enkripsi yang berlaku untuk penyedia layanan keuangan, Xendit juga disertai dengan fitur setting PIN pada bagian sensitif dalam akun Anda (contoh: penarikan dana)

Kelemahan:
❌
Tidak menerima pembayaran e-wallet terintegrasi menggunakan GoPay
❌ Settlement time ke saldo Xendit untuk kartu debit dan kredit termasuk lama dibandingkan payment link lainnya, yakni 7 hari kerja

8) Espay

Espay adalah adalah payment gateway yang juga menawarkan layanan payment link berbasis no-code. Espay menawarkan konsep B2BCB (business-to-consumer-to-business) untuk layanan mereka yang memungkinkan pembayaran yang diterima dari pelanggan Anda secara otomatis diteruskan ke supplier Anda atau perusahaan kurir yang akan mengirimkan produk Anda.

Kelebihan:
βœ…
Espay menyediakan platform pembayaran bernama Tagih.id yang memungkinkan usaha Anda untuk menerima pembayaran B2B
βœ… Menerima pembayaran dengan berbagai metode yang berlaku di Indonesia, termasuk yang tidak umum seperti kartu debit/kredit American Express, pinjaman mikro seperti BTPN Wow, dan metode pembayaran B2B seperti Mandiri FSCM dan Maybank CoOLPay
βœ… Tidak mengenakan biaya bulanan atau minimum transaksi, dan hanya dibebankan biaya per transaksi yang berhasil berdasarkan volume dan risiko transaksi

Kelemahan:
❌
Proses set-up tidak langsung dan ada kemungkinan usaha Anda tidak lolos verifikasi; butuh waktu 2-3 hari kerja dari pihak Espay untuk melakukan proses due diligence dari segi legalitas terhadap usaha Anda

9) Prismalink

Prismalink adalah perusahaan jasa keuangan yang didirikan pada tahun 2011 dan menyediakan layanan payment gateway dan juga payment link. Perusahaan ini juga menawarkan berbagai solusi pembayaran, termasuk pembayaran tagihan melalui bank kecil dan menengah dan menggunakan SMS banking.

Kelebihan:
βœ…
Proses set-up cepat dan sederhana, serta tersedia integrasi API melalui Amazon AWS
βœ… Menerima pembayaran melalui kartu kredit dari semua bank yang berlogo VISA, MasterCard, dan JCB; gerai retail; e-wallet; serta menerima pembayaran online dari bank besar seperti BCA, Mandiri, dan BNI secara real-time tanpa perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual lagi
βœ… Aman, karena sudah disertifikasi PCI DSS

Kelemahan:
❌
Terdapat biaya tambahan seperti PPN 10% yang belum termasuk dalam biaya transaksi
❌ Tidak menyediakan dukungan pelanggan 24/7, sehingga mungkin sulit untuk mendapatkan bantuan saat mengalami masalah di luar jam kerja

10) Winpay

Winpay adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi keuangan untuk bisnis, termasuk payment link. Perusahaan ini menawarkan berbagai metode pembayaran, sehingga pelanggan Anda dapat membayar dengan mudah dan cepat dari berbagai penjuru Indonesia.

Kelebihan:
βœ…
Aman; Winpay memiliki sudah memiliki sertifikat ISO dan PCI DSS
βœ… Menerima lebih dari 20 metode pembayaran, termasuk e-money, virtual account, kartu kredit atau debit (Visa/Mastercard), dan gerai minimarket
βœ… Proses set-up relatif cepat dan mudah
βœ… Tidak ada biaya tambahan untuk integrasi API
βœ… Tidak dikenakan biaya berbasis persen kecuali untuk transaksi menggunakan debit atau kartu kredit Visa/Mastercard dan e-wallet

Kelemahan:
❌
Tidak dapat melakukan transaksi e-wallet terintegrasi dengan GoPay (opsi ini masih tersedia dengan scan kode QR)

11) Duitku

Duitku didirikan pada tahun 2009 di Indonesia dan menawarkan payment gateway untuk kartu kredit dan debit bersama dengan pembayaran dengan smartphone, e-wallet, transfer bank, kartu prabayar, dan voucher. Duitku juga memiliki fitur payment link dan pengiriman dana secara massal melalui fitur Disbursement.

Kelebihan:
βœ…
Duitku memiliki lisensi dari Kominfo dan sudah mempunyai sertifikat ISO dan PCI DSS
βœ… Banyak metode pembayaran yang bisa dipilih, termasuk yang tidak umum seperti kartu debit atau kredit JCB, kirim uang via Pegadaian dan Pos Indonesia, serta dengan program cicilan non-kartu kredit seperti Atome dan Indodana
βœ… Memiliki program tarif khusus untuk usaha dengan nilai total transaksi di atas IDR 500.000.000 per bulan

Kelemahan:
❌
Tidak menerima pembayaran e-wallet terintegrasi menggunakan GoPay
❌ Beberapa metode pembayaran yang ditawarkan Duitku memiliki biaya transaksi yang cukup tinggi, seperti Shopeepay yang dikenakan biaya 4%
❌ Tidak menangani pengembalian dana; proses ini sepenuhnya ditangani oleh Anda sebagai pengguna secara manual

12) Doku

Doku didirikan pada tahun 2007 dan merupakan layanan pembayaran elektronik pertama di Indonesia. Doku terintegrasi dengan lebih dari 20+ saluran pembayaran di Indonesia dan menawarkan berbagai solusi seperti payment link dan pengiriman uang dari dan ke luar negeri.

Kelebihan:
βœ…
Memiliki banyak pilihan metode pembayaran dari bank maupun lembaga non-keuangan seperti gerai minimarket ataupun menggunakan Doku Wallet
βœ… Payment link Doku dapat digunakan untuk pelanggan Anda yang berada di luar negeri

Kelemahan:
❌
Tidak terintegrasi dengan aplikasi akuntansi apapun
❌ Memiliki keterbatasan dalam integrasi e-commerce pihak ketiga yakni hanya Magento, PrestaShop, Shopify, dan WooCommerce
❌ Settlement time ke saldo Doku membutuhkan waktu yang cukup lama, mulai dari 1 hari untuk pembayaran via virtual account, hingga 4 hari untuk pembayaran via gerai minimarket
❌ Dibutuhkan waktu cukup lama untuk mengembalikan uang kepada pelanggan yang ada di luar negeri (sampai 45 hari sejak tanggal transaksi)

13) HitPay

HitPay adalah solusi pembayaran online multifungsi asal Singapura yang didesain untuk digunakan oleh UMKM di seluruh penjuru Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

HitPay menawarkan fitur payment link sehingga usaha Anda dapat menerima berbagai macam metode pembayaran, baik lokal maupun global. Selain fitur payment link, HitPay juga menawarkan fitur integrasi API, situs toko online untuk usaha Anda, pembuatan faktur pembayaran (invoice), dan sistem berbasis no codeβ€”secara gratis.

HitPay memiliki struktur harga transparan dan terjangkau tanpa biaya instalasi, langganan, atau biaya tersembunyi lainnya. Ketika Anda menggunakan HitPay sebagai payment link, Anda hanya perlu membayar biaya per transaksi, yang berkisar antara 1,5% hingga 5,5% ditambah biaya tetap.

Aman, lengkap, dan mudah, HitPay adalah solusi pembayaran online yang cocok bagi Anda yang membutuhkan sistem yang dapat terus memenuhi kebutuhan bisnis Anda seiring dengan berkembangnya usaha Anda.

Kelebihan:
βœ…
Menerima pembayaran dengan lebih dari 100 mata uang dan ratusan metode pembayaran yang berlaku di berbagai belahan negara, termasuk di Indonesia, seperti e-wallet (GoPay, OVO), transfer bank (BNI, Mandiri, dsb), ataupun bayar via Indomaret atau Alfamart
βœ… Buat satu payment link kustom untuk tiap pelanggan Andaβ€”atau gunakan satu payment link yang sama untuk semua pelanggan Anda
βœ… Mudah digunakan; tidak perlu tahu bahasa pemrograman untuk dapat mulai menggunakan payment link HitPay
βœ… Payment link HitPay dapat digunakan di semua platform; mulai dari e-mail, pesan WhatsApp, atau bahkan DM Instagram. Butuh fitur lebih? Gunakan plug-in kami, bebas coding, untuk toko online Anda di platform e-commerce seperti Shopify, WooCommerce, dan Magento
βœ… Semua proses otomatisβ€”Anda akan mendapatkan notifikasi pembayaran pelanggan secara real-time dan data transaksi tercatat langsung di akun HitPay Anda

Kelemahan:
❌
Situs dan aplikasi HitPay saat ini belum tersedia dalam Bahasa Indonesia, hanya Bahasa Inggris

Lihat harga dan metode pembayaran yang HitPay terima di Indonesia secara lengkap di sini.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda masih kesulitan untuk menentukan payment link terbaik di Indonesia yang cocok untuk bisnis Anda? Jika begitu, kami mungkin bisa membantu Anda.

Apabila Anda sedang mempertimbangkan HitPay sebagai payment link pilihan Anda, hubungi kami hari ini dan Anda bisa mendapatkan demo gratis dari tim kami.

Lihat bagaimana cara kerja HitPay secara langsung.

Yuk, jadwalkan demo gratis dari HitPay hari ini!


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau secara langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kami sekarang!