5 Website Terbaik untuk Membuat Invoice di Indonesia, Gratis!

Setiap situs web pembuat invoice memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, dalam memilih website untuk bisnis online/UMKM di Indonesia, Anda perlu mempertimbangkan rencana jangka panjang bisnis Anda.

5 Website Terbaik untuk Membuat Invoice di Indonesia, Gratis!

Dalam dunia bisnis, invoice memiliki peran penting sebagai bukti transaksi antara penjual dan pelanggan. Untuk mempermudah bisnis Anda di Indonesia, ada cara yang lebih efisien untuk mengelola invoice tagihan, yaitu dengan memanfaatkan website gratis seperti HitPay Invoicing. Berikut daftar 5 website terbaik yang dapat membantu Anda membuat invoice dengan mudah.

Apa Itu Invoice dan Kegunaannya

Faktur atau invoice adalah sebuah dokumen yang dibuat oleh penjual dan kemudian diberikan kepada customer. Umumnya, tulisan di dalam invoice berisi tentang rincian transaksi sebagai tanda bukti pembelian. Misalnya, informasi seperti daftar barang, jumlah nominal pembayaran, dan opsi pembayaran yang tersedia.

Bagi penjual, invoice berfungsi sebagai bukti penerimaan pembayaran. Sementara bagi customer, invoice bisa digunakan untuk melakukan pengecekan ulang apakah pesanan sudah sesuai dengan barang yang diterima. Oleh karena itu, pembuatan invoice harus dilakukan dengan cermat dan teliti, juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. 

Langkah Mudah untuk Membuat Invoice 

Sebelum membahas tentang cara membuat invoice, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti: informasi perusahaan atau bisnis Anda, rincian informasi pelanggan, nomor faktur, tanggal transaksi, deskripsi transaksi, tanggal jatuh tempo pembayaran, dan logo perusahaan. Selain itu, pertimbangkan juga untuk mencantumkan ketentuan denda jika pelanggan terlambat untuk membayarnya.

Setelah Anda memahami beberapa poin tersebut, sekarang ikuti langkah-langkah mudah berikut ini dalam pembuatan invoice.

  1. Lengkapi Data Pelanggan
    Langkah pertama adalah memasukkan data pelanggan ke dalam invoice. Pastikan untuk mencantumkan nama pelanggan dengan jelas. Jika invoice yang anda buat ditujukan kepada perusahaan, sebutkan nama perusahaan dengan lengkap. Jika data pelanggan sudah Anda lengkapi, jangan lupa untuk menyertakan alamat pelanggan dan kontaknya bila diperlukan.
  2. Cantumkan Data Penerima Pembayaran
    Selain data pelanggan, tambahkan juga informasi penerima pembayaran. Pasalnya, dengan mencantumkan data penerima pembayaran akan melindungi data pelanggan dan meminimalisir adanya tindakan penipuan.
  3. Tulis Daftar Produk atau Jasa yang Dibeli
    Selanjutnya, masukkan daftar produk atau jasa beserta jumlah yang dibeli customer. Jelaskan pula secara rinci mulai nama produk, jumlah, harga, dan total pembelian yang harus dibayar. Jika ada diskon, cantumkan juga dengan jelas.
  4. Sertakan Tanggal dan Nomor Invoice
    Tambahkan tanggal transaksi dan nomor invoice. Pastikan juga Anda telah mencantumkan tanggal jatuh tempo pembayaran dan nomor invoice. Dengan cara seperti ini, secara tidak langsung akan mengingatkan kepada pelanggan kapan mereka harus membayar tagihan.
  5. Jelaskan Ketentuan Pembayaran
    Terakhir, sertakan informasi mengenai cara dan ketentuan pembayaran. Misalnya, "Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank ke rekening xxxx".

Apakah Anda masih kesulitan untuk membuat invoice? Tenang, karena HitPay Invoicing akan memandu Anda untuk membuat invoice dengan 4 langkah mudah.

Ikuti 4 langkah mudah membuat invoice pada HitPay di sini.

5 Website Terbaik untuk Membuat Invoice Gratis

Saat ini, bukanlah waktunya lagi untuk membuat invoice secara manual yang memakan banyak waktu. Kini, terdapat banyak platform pembuat invoice gratis seperti HitPay Invoicing yang dapat membantu Anda membuat invoice secara cepat dan gratis dalam hitungan menit saja.

Jika Anda penasaran dengan website terbaik lainnya untuk membuat invoice gratis, berikut daftarnya:

  1. WaveApps
    Anda dapat dengan mudah membuat invoice profesional menggunakan WaveApp. Pasalnya, platform ini menawarkan berbagai template invoice yang dapat Anda pilih sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Selain itu, Wave juga menyediakan fitur recurring billing dan pembayaran otomatis yang akan mempermudah pengguna.

    Semua keunggulan WaveApp tersebut juga tersedia di HitPay Invoicing. Lebih dari itu, dengan HitPay Invoicing, Anda bisa terhubung dengan pembayaran lokal dan global secara mudah, dan yang terbaik, semuanya gratis.
  2. Invoice Generator
    Sebagai opsi lain, Anda dapat memanfaatkan Invoice Generator untuk membuat faktur. Meskipun fungsionalitasnya sederhana dan tidak menyediakan opsi pemilihan template, Invoice Generator memudahkan pengguna dengan mengisi detail faktur dan mengunduhnya secara gratis. Namun, Anda harus secara manual mengirimkan faktur tersebut kepada pelanggan Anda, yang bisa memakan banyak waktu.

    Namun, Anda tak perlu khawatir. Dengan HitPay Invoicing yang dirancang khusus untuk bisnis kecil, freelancer, dan kontraktor, Anda dapat membuat faktur dalam hitungan menit dan secara otomatis mengirimkan pengingat kepada pelanggan secara gratis. Hal ini akan menghemat banyak waktu Anda dan membuat proses lebih mudah.
  3. Zoho
    Salah satu opsi website terbaik lain yang sangat berguna untuk pembuatan invoice adalah Zoho. Situs ini terkenal dengan kemudahan akses ke berbagai layanan seperti keuangan, pemasaran, dan kemudahan dalam pembuatan invoice secara online. Sayangnya, Zoho memiliki batasan dalam jumlah invoice yang dapat dibuat dan juga kustomisasi yang terbatas.

    Jika Anda menginginkan kustomisasi yang lebih luas dan ingin membuat invoice tanpa batasan, maka Anda perlu mencoba HitPay Invoicing. Dengan HitPay, Anda dapat membuat sebanyak mungkin invoice tanpa batasan dan mengkustomisasinya sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, Anda dapat dengan mudah melacak semua invoice Anda, karena status faktur dapat Anda lihat langsung pada halaman utama HitPay Invoice.
  4. Sleekr
    Jika Anda mencari cara mudah dan praktis untuk membuat invoice, Sleekr bisa menjadi pilihan yang tepat. Platform ini memiliki antarmuka yang mudah dipahami dan memungkinkan pembuatan banyak faktur secara bersamaan. Namun, perlu diingat bahwa Sleekr memiliki keterbatasan dalam hal kustomisasi.

    Jangan khawatir, Anda dapat membuat invoice yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda dengan HitPay invoicing. Anda juga dapat melakukan scheduling invoicing untuk mengirim invoice di kemudian hari.
  5. Paper.id
    Pilihan terakhir adalah Paper.id, yang menawarkan tampilan situs web yang sangat ramah pengguna, cocok untuk pengguna yang baru pertama kali membuat invoice. Selain kemudahan dalam pembuatan invoice, Paper.id juga menyediakan berbagai fitur dan tata letak yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda. Namun, sayangnya, Paper.id memerlukan pengguna untuk membayar biaya berlangganan enam bulan sekaligus, dan tidak mendukung transaksi internasional.

    Jika Anda memiliki pelanggan internasional dan mencari opsi yang lebih terjangkau, HitPay adalah pilihan yang tepat. Dengan HitPay, Anda dapat terintegrasi dengan pembayaran dalam lebih dari 100 mata uang, dan Anda hanya perlu membayar per transaksi tanpa biaya instalasi atau biaya berlangganan.

Selain lima situs web yang telah disebutkan diatas, HitPay Invoicing dapat menjadi alternatif terbaik dengan banyak fitur menarik yang dirancang khusus untuk UMKM atau bisnis di Indonesia. Ini mencakup kemampuan untuk mengirim invoice sesuai jadwal yang telah Anda tentukan, memberi tahu Anda ketika tagihan dibayar, mengingatkan pelanggan Anda saat pembayaran jatuh tempo, hingga menciptakan invoice pembayaran berulang.

Anda hanya perlu mengisi rincian faktur Anda, dan HitPay akan secara otomatis mengirimkan faktur tersebut kepada pelanggan Anda. Semua status faktur akan terlihat pada halaman utama faktur. HitPay Invoicing merupakan solusi yang komprehensif untuk kebutuhan bisnis Anda di Indonesia.

Mari kita lihat bagaimana cara kerja HitPay invoicing secara langsung.

Yuk, jadwalkan demo gratis dari HitPay sekarang juga!


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform pembayaran all-in-one tanpa coding untuk bisnis dan UMKM di Indonesia yang telah membantu lebih dari 15.000 bisnis di seluruh Asia Tenggara dan seluruh dunia memproses pembayaran secara efisien dan aman. Kami menyatukan pembayaran online, point of sale, dan B2B ke dalam satu sistem pemrosesan pembayaran yang terintegrasi. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!