Buat Tagihan Mudah: Perbandingan Aplikasi Invoice Online 2023 Terbaik di Indonesia

Bandingkan aplikasi faktur online yang banyak digunakan oleh bisnis kecil di Indonesia, termasuk HitPay Invoicing yang baru diluncurkan.

Buat Tagihan Mudah: Perbandingan Aplikasi Invoice Online 2023 Terbaik di Indonesia

Bandingkan delapan software faktur online yang digunakan oleh bisnis kecil di Indonesia, termasuk HitPay Invoicing yang baru diluncurkan, dan tentukan yang paling sesuai untuk usaha Anda.

Seiring dengan kian bertumbuhnya bisnis kecil Anda, cukup mungkin Anda juga semakin kewalahan dengan tumpukan kwitansi, faktur, dan tagihan yang harus Anda lacak dan tindak lanjuti untuk memastikan bahwa aliran kas Anda tetap senantiasa sehat. Jika Anda sudah sampai pada titik di mana Anda memerlukan cara yang lebih baik untuk mengelola faktur tagihan Anda, software faktur online dapat menjadi solusi untuk masalah Anda.

Apa itu software faktur online?

Biasa juga dikenal sebagai software invoice online, perangkat lunak cloud-based ini digunakan untuk membuat, mengirim, dan melacak faktur tagihan kepada pelanggan Anda dari mana pun, kapan pun, dan di mana pun. Dengan menggunakan software faktur online, Anda dapat menghemat waktu, mengurangi biaya, dan mempercepat proses pembayaran tagihan Anda.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara rinci beberapa software faktur dan kwitansi online terbaik di Indonesia, termasuk kelebihan dan kelemahan masing-masing software, sehingga Anda dapat memilih layanan yang paling cocok untuk kebutuhan usaha Anda.

Prefer to read this article in English 🇬🇧?
Click here: Best Online Invoicing Software in Indonesia Comparison

Mengapa Anda perlu menggunakan software faktur online?

Pembuatan tagihan gaya lama biasanya dibuat secara manual, di mana Anda biasanya melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Menerima daftar pelanggan yang memiliki pembayaran yang jatuh tempo
  2. Membuat dokumen faktur tagihan atau invoice satu per satu, dengan spesifikasi masing-masing untuk setiap pelanggan
  3. Mengirim tiap dokumen melalui email, satu per satu.

Dengan aplikasi faktur online, Anda dapat melakukan semua hal di atas secara bersamaan, dengan minim atau tanpa penginputan manual.

Tidak perlu lagi pindah-pindah antara spreadsheet, kotak masuk email, dan sistem point-of-sale. Anda dapat lebih efisien dalam menghasilkan faktur tagihan dengan hanya menggunakan satu software.

Dengan menggunakan software digital invoice online, kekeliruan juga lebih mudah terhindarkan. Tak perlu lagi khawatir salah memasukkan jumlah nol atau salah mengeja nama pelanggan.

Apa saja fitur yang dapat Anda temukan dalam software faktur online?

Terdapat banyak tipe software invoicing, termasuk solusi all-in-one yang memungkinkan Anda tidak hanya mengirim faktur tagihan tetapi juga mengelola pembayaran yang masuk.

Namun, ada juga yang berfungsi lebih sebagai invoice generator, sehingga berfokus pada memberikan Anda layanan untuk membuat beberapa faktur sekaligus dengan cepat dan mengirimkannya atas nama Anda. Canva adalah aplikasi faktur online gratis yang baik dalam menjalankan fungsi seperti ini.

Jika Anda membutuhkan fitur yang lebih komprehensif, ada pilihan lain yang tersedia seperti Zoho Invoice dan QuickBooks Invoice, yang dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Mengirimkan invoice berdasarkan jadwal yang Anda inginkan
  2. Memberitahu Anda ketika tagihan dibayar
  3. Mengingatkan pelanggan Anda ketika pembayaran jatuh tempo
  4. Membuat tagihan berulang

Namun bagaimana dengan aplikasi invoice online yang dapat menerima pembayaran? Jika Anda tertarik dengan jenis ini, Anda perlu software faktur tagihan online yang dilengkapi dengan payment gateway, seperti HitPay dan Paper.id.

Lanjutlah baca untuk membandingkan delapan pilihan software invoice online terpopuler di Indonesia dan mengetahui tentang fitur serta kelebihan dan kelemahannya secara detail:

1) Zoho Invoice

Zoho Invoice adalah aplikasi invoice online gratis yang populer untuk usaha-usaha di berbagai industri dan ukuran, baik untuk freelancer yang beroperasi sendiri maupun perusahaan multinasional besar.

Selain memberikan Anda faktur tagihan online yang terlihat profesional dan mudah disesuaikan dengan segala kebutuhan Anda, Zoho Invoice juga memiliki fitur yang dapat membantu Anda menjadwalkan notifikasi jatuh tempo pembayaran, melacak pengeluaran, mengelola proyek, dan menerima pembayaran lebih cepat. Menariknya, semua fitur ini dapat diakses tanpa harus membayar langganan berlangganan.

Kelebihan:
✅  Fitur-fitur, termasuk digital invoice, tersedia gratis dengan biaya transaksi yang hanya dikenakan oleh payment gateway pihak ketiga (mis. Stripe, PayPal, dan Worldpay)
✅  Mendukung berbagai mata uang, termasuk IDR
✅  Tersedia pada desktop serta aplikasi smartphone (iOS dan Android)
✅  Sudah termasuk fitur ekstra seperti portal pelanggan yang bisa dikustomisasi, pelacak waktu proyek, dan lainnya

Kelemahan:
❌  Jumlah faktur yang dapat dibuat dibatasi hingga 1.000 faktur per tahun
❌  Pelanggan Indonesia Anda hanya dapat menggunakan PayPal, dan oleh karena itu metode pembayaran terbatas hanya dengan kartu debit dan kredit + saldo PayPal.

2) Mekari Jurnal

Meskipun Mekari Jurnal lebih banyak dikenal untuk software akuntansinya, perusahaan ini juga menawarkan fitur buat invoice online yang cukup unggul. Software Mekari Jurnal didesain untuk melayani usaha yang ada di Indonesia, sehingga tersedia banyak mekanisme faktur tagihan yang sudah disesuaikan untuk model pembayaran Indonesia, seperti cash-on-delivery dan net 15 hingga 60.

Mekari Jurnal menyediakan layanan mereka dalam tiga level langganan: Pro, Enterprise, dan Enterprise+, dengan harga mulai dari IDR 499.000 per bulan.

Kelebihan:
✅  Paket berlangganan termurah sudah termasuk fitur untuk membayar faktur langsung melalui platform (Mekari Pay)
✅  Akses ke software akuntansi sudah termasuk dalam semua paket langganan
✅  Mendukung banyak metode pembayaran Indonesia, dari GoPay hingga kartu debit MasterCard
✅  Dirancang untuk dapat menangani transaksi internasional; pengelolaan mata uang asing tersedia sebagai fitur untuk pengguna Enterprise ke atas

Kelemahan:
❌  Faktur tagihan yang dapat dibuat dibatasi secara bulanan, bahkan untuk tingkat berlangganan termahal seharga IDR 1.299.000 (maksimal 10.000 faktur per bulan)
❌  Berlangganan dilakukan secara triwulan atau tahunan, tanpa tersedia paket bulanan

3) Xero

Software invoice generator Xero memungkinkan Anda membuat faktur tagihan kustom, menerima pembayaran secara instan, mengatur pengiriman email pengingat jadwal jatuh tempo pembayaran, dan mengirimkan invoice langsung dari aplikasi seluler.

Fitur-fitur ini tidak disediakan secara gratis, tetapi Xero menawarkan uji coba gratis selama 30 hari yang kemudian bisa Anda lanjutkan menjadi langganan berbayar mulai dari USD 25/bulan (paket Starter).

Kelebihan:
✅  Fitur akuntansi sudah termasuk dalam paket langganan
✅  Menerima pembayaran online dengan payment gateway seperti Stripe, PayPal, dan HitPay
✅  Buat dan kirimkan faktur dari aplikasi seluler Xero (iOS dan Android) atau via desktop
✅  Biaya langganan juga sudah mencakup fitur seperti analisis keuangan dan manajemen inventaris

Kelemahan:
❌  Tidak ada paket gratis, hanya uji coba gratis selama 30 hari
❌  Hanya bisa membuat 20 faktur per bulan pada paket Starter
❌  Dukungan pengelolaan mata uang asing hanya tersedia pada paket langganan termahal, paket Premium, dengan harga USD 54/bulan

4) QuickBooks

QuickBooks Invoice adalah fitur yang terdapat dalam solusi akuntansi QuickBooks, yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengirimkan digital invoice profesional dan terpersonalisasi tanpa batasan jumlah, menjadwalkan email pengingat otomatis, dan mengatur tagihan berulang mingguan, bulanan, atau bahkan tiap tahun untuk pelanggan tetap Anda dan mengirimkannya secara massal.

Paket berlangganan QuickBooks termurah dimulai dari USD 17 per bulan, meskipun seringkali ada tawaran diskon 50% untuk tiga bulan pertama.

Kelebihan:
✅  Paket langganan termasuk fitur akuntansi dan pembukuan yang andal
✅  Mendukung beberapa mata uang dan pembuatan faktur tagihan dalam beberapa bahasa (seperti bahasa Prancis, Italia, dan Mandarin Tradisional)
✅  Mekanisme invoice yang fleksibel, mulai dari recurring invoice hingga pembayaran berbasis pencapaian milestone proyek
✅  Bisa buat faktur sebanyak mungkin, bahkan untuk paket berlangganan termurah (Simple Start)

Kelemahan:
❌  Tidak ada paket gratis, hanya uji coba gratis selama 30 hari
❌  Dukungan untuk beberapa mata uang asing hanya tersedia pada paket langganan yang lebih tinggi (mulai dari USD 26 per bulan)
❌  Akun multi-user terbatas hanya enam akun, bahkan untuk paket paling mahal

5) Paper.id

Paper.id adalah salah satu aplikasi invoice online gratis terbaik di Indonesia. Dengan aplikasi faktur ini, Anda tidak hanya dapat membuat invoice gratis tanpa batasan jumlah, tetapi juga mendapatkan akses ke fitur manajemen inventaris dan pembukuan mereka tanpa biaya tambahan.

Anda dapat memilih untuk menggunakan versi gratis aplikasi Paper.id, di mana biaya transaksi hanya dikenakan jika pelanggan Anda membayar menggunakan payment gateway mereka (PaperPay), atau gunakan paket berbayar mereka, Paper+ dan dapatkan lebih banyak fitur dan penawaran yang lebih baik untuk layanan invoice mereka dan lainnya, mulai dari IDR 99.600 per bulan.

Kelebihan:
✅  Tersedia paket gratis seumur hidup tanpa batasan jumlah faktur tagihan
✅  Membayar biaya berlangganan Paper+ membuat biaya transaksi PaperPay jauh lebih rendah (hingga 60%)
✅  Paket invoice gratis sudah termasuk akses ke payment gateway
✅  Dapatkan akses ke fitur tambahan seperti manajemen inventaris, laporan keuangan, dan lainnya, bahkan pada paket invoice generator gratis

Kelemahan:
❌  Biaya berlangganan Paper+ harus dibayar enam bulan sekaligus
❌  Tidak dirancang untuk mengakomodasi transaksi internasional (tidak mendukung pengelolaan mata uang asing, dll.)
❌  Tidak tersedia di iOS

6) Stripe Invoicing

Stripe Invoicing adalah aplikasi invoice online yang dibangun di atas platform pembayaran global, Stripe. Anda dapat menerima pembayaran langsung dengan kartu kredit, kartu debit, transfer bank, atau metode pembayaran global lainnya seperti EPS, iDEAL, dan WeChat Pay.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Stripe Invoicing untuk bisnis Anda, biaya yang dikenakan dimulai dari 0,4% per faktur yang dibayar. Biaya pembayaran Stripe Payments juga akan ditambahkan secara terpisah.

Kelebihan:
✅  Fleksibel; Anda dapat memilih layanan faktur online yang di-hosting oleh Stripe atau hanya cukup download PDF dari situs mereka
✅  Pelanggan Anda dapat membayar langsung melalui Stripe dengan metode pembayaran pilihan mereka, yang telah secara otomatis disesuaikan dengan lokasi mereka
✅  Mendukung lebih dari 25 bahasa dan 135 mata uang dan dapat diintegrasikan secara mudah dengan software akuntansi seperti Xero dan QuickBooks
✅  Fitur-fitur ekstra dan API tersedia untuk membantu Anda mengotomatisasi proses penerimaan pembayaran, termasuk alur kerja faktur, pengumpulan pembayaran, dan rekonsiliasi transaksi

Kelemahan:
❌  Metode pembayaran lokal terbatas—hanya mendukung transfer bank
❌  Per Mei 2023, pendaftaran Stripe di Indonesia hanya tersedia melalui undangan
❌  Per Mei 2023, akun pengguna Stripe Indonesia tidak dapat digunakan untuk transaksi internasional

7) Canva Invoicing

Jika Anda mencari invoice digital yang menawan, Canva mungkin lebih unggul daripada pilihan lainnya dalam artikel ini. Walau lebih dikenal untuk layanan pengeditan gambar online mereka, Canva juga menawarkan aplikasi pembuat faktur online dengan beragam pilihan template, dengan banyak opsi yang juga tersedia gratis.

Meskipun Canva tidak dapat menangani pembayaran faktur tagihan secara langsung, Anda dapat menambahkan tautan pembayaran ke dokumen faktur tagihan yang Anda buat menggunakan Canva.

Kelebihan:
✅  E-invoice yang menarik, tidak terbatas dan gratis dengan banyak pilihan template
✅  Tersedia fitur pengiriman faktur terjadwal dan berulang
✅  Dapat dipersonalisasi secara menyeluruh, sehingga memungkinkan Anda merancang dokumen invoice sesuai dengan identitas brand bisnis Anda

Kelemahan:
❌  Data pelanggan harus dimasukkan secara manual ke dalam faktur
❌  Tidak mendukung payment gateway secara native
❌  Fitur yang tersedia terbatas (misalnya, tidak ada pengingat pembayaran, tidak ada tarik data spreadsheet)

8) HitPay Invoicing

Butuh aplikasi invoice online yang menerima pembayaran lokal dan internasional? HitPay Invoicing bisa menjadi jawaban Anda — layanan software invoice online gratis dan mudah digunakan yang didesain khusus untuk UMKM di Indonesia, termasuk para freelancer, kontraktor, dan penyedia jasa lainnya.

HitPay Invoicing membantu Anda membuat dan mengirimkan faktur tagihan profesional yang bisa Anda sesuaikan tanpa memerlukan coding. Baik Anda perlu membuat invoice secara massal atau mengaktifkan pembayaran bertahap, HitPay Invoicing memungkinkan Anda dengan mudah mengelola rincian pelanggan dan laporan pembayaran, dalam satu dasbor yang sama.

Jika Anda mencari alternatif Zoho atau WaveApps invoice yang dapat membuat dan mengirimkan faktur tagihan tanpa batas dan mendukung metode pembayaran lokal dan internasional tanpa perlu integrasi tambahan, Anda dapat sangat mempertimbangkan HitPay Invoicing.

Kelebihan:
✅  Faktur tagihan bisa dibuat sebanyak mungkin, sepenuhnya gratis, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda
✅  Tidak ada biaya instalasi atau langganan
✅  Pelanggan lokal dan internasional dapat membayar langsung melalui payment gateway HitPay (dikenakan biaya transaksi)
✅  Dapat menggunakan mata uang asing dan Rupiah
✅  Fitur invoice yang mumpuni, termasuk pengaturan tagihan berulang dan pengingat jatuh tempo pembayaran
✅  Tersedia integrasi akuntansi dengan Xero dan QuickBooks
✅  Sudah termasuk software gratis lainnya seperti situs toko online dan software POS

Kelemahan:
❌  Belum dapat menerima pembayaran langsung dengan mesin EDC

Ingin melihat bagaimana HitPay Invoicing bekerja?

Hubungi kami untuk demo gratis!

QuickBooks Invoice, Paper.id, Stripe Invoicing, atau HitPay — manakah aplikasi faktur online yang terbaik untuk membantu usaha Anda?


Dalam menentukan aplikasi invoice online mana yang tepat untuk digunakan, Anda perlu mempertimbangkan juga rencana jangka panjang usaha Anda.

Pastikan Anda memilih software faktur dan kwitansi online yang dapat menangani kebutuhan usaha Anda di masa kini dan mendatang, mengingat tidak setiap aplikasi invoice online didesain untuk bisnis skala besar maupun memiliki data yang dapat dengan mudah dipindahkan dari satu sistem ke sistem lainnya.

Dengan HitPay, hal tersebut bukanlah masalah. Software kami didesain untuk menangani segala kebutuhan usaha Anda dari awal hingga akhir, mulai dari berjualan ke pelanggan yang tinggal di seberang jalan dari tempat usaha Anda atau di belahan muka bumi lain.

Jikapun Anda baru mulai berbisnis, HitPay dapat membantu Anda dari hari pertama, karena platform kami bisa digunakan tanpa kemampuan coding apapun, berbeda dengan kebanyakan software invoice online dengan payment gateway. Ditambah lagi, tidak ada bayar dimuka, down payment (DP), atau biaya awal yang perlu Anda bayar, baik itu biaya langganan ataupun instalasi. Kami hanya mengenakan biaya transaksi, yang bisa Anda pelajari lebih lanjut disini.

Baiknya, Anda menghubungi layanan-layanan aplikasi faktur online yang menarik untuk Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan proses registrasi — maka dari itu jadwalkan demo gratis kapan saja dengan HitPay, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang layanan kami.


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kami hari ini!