Perbedaan Payment Processor dan Payment Gateway: Mana yang Sesuai Untuk Bisnis Kecil di Indonesia?

Dengan banyaknya opsi payment gateway di Indonesia, menemukan solusi pembayaran yang tepat untuk bisnis bisa menjadi tantangan. Tetapi, jangan khawatir, HitPay hadir sebagai solusi all-in-one yang fleksibel dan ramah pengguna untuk UMKM di Indonesia.

Payment Processor dan Payment Gateway Untuk Bisnis Kecil & UMKM di Indonesia
Payment Processor dan Payment Gateway Untuk Bisnis Kecil & UMKM di Indonesia

Meskipun payment gateway dan payment processor berguna sebagai perantara transaksi antara pelanggan dan penjual, namun keduanya memiliki perbedaan signifikan. Di mana payment gateway disediakan oleh perusahaan fintech dalam bentuk software atau aplikasi, yang memungkinkan penjual untuk menerima dana dari pelanggan melalui sistem pembayaran terintegrasi. Sedangkan payment processor disediakan oleh perusahaan keuangan yang bekerja di belakang layar.

Perbedaan yang lain juga terlihat dalam fungsinya. Payment gateway fokus pada perlindungan data sensitif terkait keuangan dengan menerapkan enkripsi dan sistem keamanan lainnya. Sebaliknya, payment processor bertanggung jawab untuk memeriksa informasi transaksi dan meneruskannya ke bank penerbit untuk verifikasi.

Apa itu Payment Processor dan Payment Gateway? 

a) Payment Processor/ Payment Processing

Payment processor merupakan sistem keuangan yang berperan di belakang layar untuk menyediakan berbagai layanan pembayaran bagi pengusaha online. Biasanya, perusahaan ini bermitra dengan entitas lain yang memiliki hubungan langsung dengan konsumen atau penjual. Payment processor terkoneksi dengan akun penjual dan payment gateway, mengalirkan informasi dua arah dan menjaga keamanannya bagi konsumen dan pengusaha yang memanfaatkannya. Mereka membentuk perjanjian dengan payment gateway atau penyedia akun penjual untuk menyediakan layanan secara langsung kepada pengusaha online.

b) Payment Gateway

Payment gateway secara sederhana dapat dianggap sebagai pintu gerbang dalam transaksi online, memungkinkan pengguna untuk menerima pembayaran dari pelanggan melalui berbagai opsi seperti transfer bank, kartu debit/kredit, atau melalui gerai ritel seperti Alfamart dan Indomaret. Fungsi utama payment gateway adalah menyederhanakan proses penerimaan pembayaran secara langsung dari situs web.

Apa pentingnya payment processor untuk bisnis kecil & UMKM ? 

Mari kita lihat betapa pentingnya memilih payment processor yang cocok untuk UMKM Anda.

Payment Processor dan Payment Gateway Untuk Bisnis Kecil & UMKM di Indonesia

1. Efisiensi dan Kelancaran

Seperti roda gigi yang menjalankan mesin, payment processor bertanggung jawab untuk menerima informasi pembayaran dari pelanggan, mengesahkan transaksi, dan mentransfer dana dengan lancar ke rekening bisnis Anda. Dengan proses yang cepat, Anda dapat menerima pembayaran tanpa penundaan yang tidak perlu.

2. Keamanan dan Kepercayaan

Keamanan menjadi aspek kunci dalam menjalankan bisnis. Payment processor yang dapat diandalkan akan melindungi data sensitif pelanggan, menjaga kepercayaan yang diperlukan.

3. Pengalaman Pelanggan yang Menyenangkan

Prinsip "Pelanggan Pertama" juga berlaku dalam pemilihan payment processor yang tepat. Ini tidak hanya berkaitan dengan Anda, tetapi juga dengan pengalaman pelanggan. Payment processor memastikan pengalaman pembayaran tanpa kesulitan dan mudah. Pelanggan tidak menyukai proses pembayaran yang rumit atau membingungkan. Oleh karena itu, payment processor yang ideal akan meningkatkan pengalaman pelanggan, mempermudah mereka menyelesaikan transaksi, dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan Anda.

Faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih payment processor untuk Bisnis Kecil

Menentukan payment processor yang tepat adalah langkah krusial dalam mengelola keuangan bisnis. Selain menjaga kelancaran arus kas, payment processor juga melindungi dari ancaman dan memastikan pengalaman pembayaran yang tanpa hambatan bagi pelanggan. Berikut terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, terutama bagi UMKM di Indonesia.

1. Biaya dan Struktur Biaya

Biaya penggunaan payment processor dapat berdampak signifikan pada keuangan bisnis, baik jangka pendek maupun jangka panjang. payment processor seringkali memiliki biaya tersembunyi, biaya langganan bulanan, dan tambahan biaya lainnya. Oleh karena itu, perbandingan antara penyedia dan pemilihan sesuai dengan tujuan keuangan bisnis sangat penting.

2. Keamanan

Keamanan merupakan aspek tak terhindarkan dalam era digital saat ini. Pastikan payment processor yang dipilih mematuhi protokol keamanan industri. Penyedia yang aman akan melindungi data pelanggan dan mengurangi risiko pelanggaran data.

3. Kompatibilitas Pasar Lokal

Dalam menghadapi preferensi pembayaran yang beragam di Indonesia, payment processor harus mendukung metode pembayaran lokal yang paling nyaman bagi pelanggan target, seperti kartu kredit, debit, perbankan online, dompet digital, dan pembayaran QR. Ini akan memastikan tidak ada pelanggan potensial yang terlewatkan karena preferensi pembayaran tertentu.

4. Kemudahan Penggunaan

Payment processor sebaiknya dapat terintegrasi dengan mudah ke dalam infrastruktur yang sudah ada, sambil menyediakan antarmuka yang ramah pengguna untuk Anda dan pelanggan. Perhatikan juga kemudahan integrasi dengan platform e-commerce atau toko online. Selain itu, pastikan proses pembayaran bagi pelanggan berjalan lancar tanpa hambatan.

5. Dukungan Pelanggan

Meski teknologi terus maju, dukungan manusia tetap penting untuk menangani situasi khusus. Pilih payment processor yang menyediakan dukungan pelanggan dapat diandalkan melalui telepon, email, atau obrolan langsung untuk memastikan pengalaman tanpa masalah bagi Anda dan pelanggan.

HitPay: Payment Gateway Termurah, Paling Sesuai untuk UMKM Indonesia 

Payment Processor dan Payment Gateway Untuk Bisnis Kecil & UMKM di Indonesia
HitPay Payment Gateway pilihan paling sesuai untuk UMKM Indonesia

Dengan banyaknya opsi payment gateway yang tersedia di Indonesia, menemukan pilihan yang paling cocok untuk bisnis Anda mungkin bisa menjadi suatu tantangan. Namun, jangan khawatir, karena HitPay hadir sebagai solusi pembayaran all-in-one yang sangat fleksibel dan ramah pengguna untuk UMKM di Indonesia.

Dibandingkan dengan platform payment gateway lainnya di Indonesia, HitPay memberikan beberapa keunggulan, antara lain:

  • Mendukung semua metode pembayaran digital yang ada di Indonesia, memungkinkan pelanggan untuk memilih cara pembayaran sesuai preferensi mereka.
  • Hanya bayar per transaksi, tanpa biaya pengaturan, biaya langganan, atau minimal transaksi bulanan. Semua fitur e-commerce dan pembayaran disediakan tanpa biaya tambahan.
  • Integrasi dengan berbagai platform e-commerce terkemuka. seperti Shopify, WooCommerce, Shopcada, Magento, Prestashop, dan banyak lagi.
  • Proses aktivasi yang cepat dan sederhana. Anda dapat mulai menerima pembayaran menggunakan HitPay hanya dalam waktu 3 hari kerja, lebih cepat dibandingkan dengan penyedia payment gateway lainnya.

Integrasikan bisnis Anda dengan HitPay untuk proses pembayaran yang lebih efisien!

Jadwalkan demo gratis dengan HitPay atau daftar ke platform kami untuk melihat bagaimana HitPay membantu UMKM Anda.


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!