Keunggulan Payment Gateway Seperti Midtrans & HitPay dalam Keuangan Bisnis Anda

Pembayaran digital di Indonesia semakin berkembang seiring dengan lonjakan transaksi online. Untuk mendukungnya, ada pilihan payment gateway terbaik bagi UMKM, seperti HitPay dan Midtrans.

Keunggulan Payment Gateway Seperti Midtrans & HitPay dalam Keuangan Bisnis Anda

Transaksi pembayaran berbasis digital di Indonesia akan terus mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya orang yang melakukan transaksi jual beli secara online. Dan pastinya, perkembangan ini akan berdampak pula pada pilihan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi pembayaran digital.

Karena itu, dibutuhkan sistem layanan pembayaran untuk memfasilitasi transaksi tersebut. Salah satunya caranya adalah penyediaan payment gateway. Nah, salah satu payment gateway terbaik untuk usaha mikro atau UMKM di Indonesia adalah HitPay dan Midtrans. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan keunggulan-keunggulan menarik dari Midtrans dan HitPay. Temukan informasi selengkapnya di sini!

Alasan Memilih Payment Gateway Seperti Midtrans dan HitPay

Midtrans telah berpengalaman sebagai perusahaan fintech di Indonesia sejak 2012, dan sekarang platform ini paling banyak digunakan oleh pelaku UMKM di Indonesia. Meskipun baru saja rilis di Indonesia, HitPay yang merupakan platform asal Singapura ini banyak digunakan oleh ribuan pedagang di seluruh dunia, termasuk UMKM di Indonesia.

Sebelum memutuskan untuk memilih payment gateway terbaik di Indonesia, baik Midtrans atau HitPay, Anda perlu mempertimbangkan 5 faktor penting berikut.

1) Harga

Ketika Anda menggunakan Payment Gateway di Indonesia, sebagian dari penghasilan Anda akan dikenakan biaya transaksi. Besarnya biaya ini seringkali bergantung pada metode pembayaran yang dipilih oleh pelanggan Anda. Nah, salah satu cara mengurangi biaya yang harus Anda tanggung adalah dengan memilih Payment Gateway yang memungkinkan Anda untuk membagi atau mengalihkan biaya transaksi kepada pelanggan Anda, seperti yang ditawarkan oleh HitPay. Dengan cara ini, Anda dapat menefisiensi pengeluaran bisnis Anda.

2) Waktu penyelesaian pembayaran

Sebagian besar, payment gateway akan menyimpan dana tersebut selama beberapa hari sebelum diteruskan ke rekening Anda. Tentunya, waktu penyelesaian ini akan berpengaruh dalam manajemen arus kas Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan Midtrans, proses ini akan memakan waktu 3 hari. Sementara, jika Anda memilih HitPay, Anda mungkin hanya perlu menunggu 1-2 hari saja, tergantung pada metode pembayaran yang Anda pilih. Dan ini lebih cepat daripada penyedia payment gateway lainnya.

3) Metode pembayaran dan mata uang yang didukung

Di Indonesia, pelanggan memiliki beragam cara untuk melakukan pembayaran, mulai dari pembayaran tunai, transfer bank, penggunaan e-wallet, hingga QRIS. Penting bagi Anda untuk memahami preferensi pembayaran yang digunakan oleh pelanggan Anda agar Anda dapat menyediakannya di berbagai platform e-commerce dan saluran penjualan Anda. Selain itu, jika Anda memiliki bisnis di luar Indonesia, memiliki pilihan mata uang yang beragam akan sangat membantu.

Misalnya, pada Midtrans hanya menawarkan 25+ metode pembayaran, sementara HitPay mendukung seluruh metode pembayaran digital yang populer di Indonesia. Tentu dengan banyaknya pilihan metode pembayaran akan semakin mempermudah pelanggan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran sesuai dengan yang mereka inginkan.

4) Integrasi online

Untuk menjalankan bisnis online dengan efisien, penting bagi Anda memiliki payment gateway yang dapat dengan mudah diintegrasikan dengan alat-alat lain yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa menjual produk secara efisien di platform e-commerce. Beberapa integrasi online yang sangat berguna bagi para penjual e-commerce termasuk: toko online gratis, link pembayaran, pembuat invoice, dan integrasi software akuntansi.

Namun, mencari integrasi ini tidaklah sulit. Hanya dengan menggunakan HitPay, Anda bisa mengakses semua integrasi tersebut secara gratis. Berbeda dengan Midtrans yang memiliki keterbatasan dalam integrasi mereka, bahkan tidak menyediakan opsi untuk mengintegrasikan dengan software akuntansi atau alat bisnis tambahan.

5) Integrasi POS

Sebuah payment gateway yang handal adalah solusi lebih dari sekadar alat pemrosesan pembayaran, bahkan juga alat yang efisien untuk menghemat waktu dan mengurangi biaya. Dari beragam fitur yang ditawarkan, seperti kemudahan pembayaran langsung, manajemen inventaris yang efisien, alat bermanfaat bagi bisnis Anda, hingga pengelolaan lokasi toko dan tenaga kerja yang canggih. Semua manfaat dari perangkat lunak POS ini akan Anda rasakan ketika Anda memilih menggunakan HitPay.

Integrasi HitPay dengan berbagai plugin e-commerce

Midtrans vs HitPay, Mana yang Cocok Untuk Bisnis Anda?

Sebagai partner dalam ekosistem GoTo Financial, Midtrans menawarkan solusi yang ideal bagi UMKM di Indonesia. Dengan lebih dari 25 metode pembayaran lokal yang beragam, platform ini tidak hanya memberikan kemudahan akses, tetapi juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk memudahkan pengelolaan pesanan Anda.

Meskipun begitu, HitPay menawarkan dukungan untuk semua metode pembayaran digital yang ada di Indonesia. Dengan ini, Anda memiliki kebebasan penuh untuk memilih metode pembayaran yang ingin ditampilkan di berbagai saluran penjualan Anda, memungkinkan pelanggan untuk memilih opsi pembayaran sesuai keinginan mereka.

Selain itu, jika Anda menggunakan platform e-commerce selain Shopify atau WooCommerce, HitPay bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai untuk kebutuhan Anda. Keunggulannya terletak pada dukungan untuk berbagai platform e-commerce terkemuka, termasuk Shopify, WooCommerce, EasyStore, Prestashop, Magento, OpenCart, Shopcada, Ecwid, Wix, dan Google Forms.

Sebaliknya, tidak semua platform e-commerce tersebut dapat diintegrasikan dengan Midtrans. Dengan memilih HitPay, Anda dapat memastikan bahwa sistem pembayaran Anda dapat berintegrasi dengan lancar, memberi Anda kendali penuh atas pengalaman belanja online pelanggan Anda.

Inilah sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh Midtrans dan HitPay sebagai solusi payment gateway terbaik di Indonesia. Namun, jika Anda mencari platform pembayaran yang lebih komprehensif untuk meningkatkan bisnis Anda, HitPay Indonesia mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai. 

Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara HitPay Indonesia bekerja? Jangan ragu untuk menghubungi kami dan meminta demonstrasi gratis!


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!