Cara Mudah Membuat Website e-Commerce untuk Bisnis UMKM di Indonesia

Jika Anda sudah memiliki platform e-commerce untuk UMKM, Anda dapat meningkatkan efisiensi transaksi dengan menggunakan HitPay sebagai plugin payment gateway. HitPay menawarkan solusi pembayaran praktis tanpa coding.

Cara Mudah Membuat Website e-Commerce untuk Bisnis UMKM di Indonesia

Tren belanja online di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun. Fenomena ini dipicu oleh maraknya platform e-commerce di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kehadiran e-commerce, kini tidak hanya menjadi tren saja. Melainkan suatu keharusan bagi pelaku bisnis UMKM yang ingin memperluas jangkauan pasarnya. Oleh karena itu, penting bagi pelaku bisnis UMKM di Indonesia untuk memahami langkah-langkah dalam membuat website e-commerce agar bisa berkembang dan sukses di era digital ini.

3 Platform E-Commerce Populer di Indonesia

Sebagai referensi, berikut beberapa contoh platform e-commerce paling populer digunakan oleh orang Indonesia, di antaranya yaitu:

1. Shopify

Shopify merupakan sebuah platform e-commerce asal Kanada yang berdiri pada tahun 2006. Lebih dari sekadar situs e-commerce, Shopify juga menyediakan layanan website builder yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk membuat toko online tanpa harus memiliki keahlian dalam pemrograman atau coding. Platform ini, juga dapat mempermudah penggunanya untuk mengunggah produk yang ingin dijual dan menggunakan berbagai fitur seperti manajemen stok, integrasi dengan metode pembayaran online, pengiriman barang, hingga manajemen pesanan untuk mempermudah operasional bisnis Anda.

Segala fitur unggul yang dimiliki oleh Shopify, kini hadir secara menyeluruh di platform toko online HitPay. Karena dengan HitPay, UMKM dapat menerima pembayaran secara langsung maupun online dengan mudah, hanya dalam beberapa klik saja, tanpa perlu keahlian coding yang rumit, dan cukup menggunakan fitur drag and drop untuk mengatur segalanya.

2. WooCommerce

Selain Shopify, ada alternatif lain yang tak kalah menguntungkan untuk membantu bisnis UMKM Anda tumbuh subur di Indonesia, yaitu WooCommerce. Platform e-commerce yang  terintegrasi dengan WordPress ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuat toko online yang diinginkan. Dengan fitur-fitur seperti payment gateway, keranjang belanja, dan pilihan pengiriman yang fleksibel, WooCommerce menawarkan pengalaman berbelanja online yang lengkap. Namun, metode pembayaran yang populer di Indonesia seperti transfer bank dan sistem pembayaran kode QR tidak sepenuhnya didukung oleh WooCommerce.

Tapi jangan khawatir. Jika Anda sedang mencari solusi all-in-one, toko online HitPay adalah pilihan yang tepat. Selain terintegrasi dengan fitur payment gateway, HitPay juga akan mempermudah transaksi online Anda dengan pelanggan. Apalagi, HitPay menerima semua metode pembayaran, baik Indonesia maupun internasional. Mulai dari e-wallet terkemuka seperti OVO dan WeChat Pay hingga opsi kredit seperti Kredivo dan AkuLaku, HitPay memastikan bahwa pelanggan Anda memiliki beragam pilihan pembayaran yang nyaman.

3. PrestaShop

Jika Anda sedang mencari alternatif terjangkau untuk membuat website toko online bagi bisnis UMKM Anda di Indonesia, PrestaShop adalah solusinya. Dengan PrestaShop, Anda bisa membuat toko online secara gratis tanpa harus banyak mengeluarkan biaya. Platform ini tidak hanya menawarkan desain yang menarik, tetapi juga memberikan fitur-fitur krusial seperti optimasi SEO, shopping cart yang efisien, dan dukungan multibahasa, termasuk dalam bahasa Indonesia. 

Berbeda dengan PrestaShop, jika Anda menggunakan HitPay, Anda tidak dikenakan biaya langganan bulanan ataupun biaya instalasi. Anda hanya membayar ketika berhasil melakukan penjualan. Menariknya lagi, HitPay menyediakan perangkat lunak bisnis secara gratis, termasuk software POS yang dapat membantu perkembangan bisnis Anda. Tak hanya itu, HitPay juga menawarkan fitur e-commerce yang canggih seperti kemampuan menambahkan berbagai diskon dan lainnya.

Langkah-Langkah Membuat Website E-Commerce

Nah, jika Anda ingin memiliki toko online, maka bisa ikuti beberapa cara membuat website e-commerce berikut ini :

1. Pilih Domain dan Web Hosting

Menentukan nama domain dan juga web hosting menjadi poin pertama yang tidak boleh Anda lewatkan ketika ingin membuat website e-commerce. Hosting berfungsi sebagai alat untuk membuat dan menyimpan keseluruhan data website. Sedangkan domain ini akan menjadi nama website yang akan memudahkan pelanggan mengetahui identitas bisnis Anda. Maka dari itu, sesuaikan alamat website dengan nama bisnis yang Anda miliki.

2. Instal WordPress

Cara membuat website e-commerce berikutnya adalah dengan melakukan instalasi WordPress. Pasalnya, sebuah toko online akan lebih mudah dioperasikan penggunanya, jika menggunakan WordPress. Melalui HitPay, Anda tidak perlu bingung dan khawatir bagaimana cara instal WordPress, karena Anda akan dibimbing untuk proses instalasinya. 

3. Aktifkan Plugin untuk Toko Online

Setelah Anda melakukan instalasi WordPress, maka langkah membuat website e-commerce selanjutnya adalah memasang plugin toko online, yaitu WooCommerce. Untuk mengaktifkan plugin toko online, Anda bisa klik menu plugin yang berada di sisi kiri dashboard WordPress. Jika Anda berhasil mengaktifkan, maka WooCommerce sudah siap Anda gunakan untuk membuat toko online.

4. Atur Sketsa Toko Online Sesuai Kebutuhan

Cara membuat website e-commerce bisa Anda lanjutkan dengan menyesuaikan sketsa toko online dengan kebutuhan usaha. Anda bisa mulai pengaturan mulai dari pengisian detail usaha, industri, tipe produk yang Anda jual, pemilihan tema menarik, dan juga pengaturan sistem pembayaran.

5. Tambahkan Produk di Website E-Commerce

Tahap berikutnya adalah menambahkan produk ke website e-commerce yang sudah berhasil Anda buat. Dan jangan lupa untuk memperhatikan produk secara detail, agar pelanggan mengetahui informasi produk semaksimal mungkin.

Jika Anda menginginkan solusi yang sederhana tanpa perlu repot dengan integrasi pembayaran yang rumit, pilihan terbaik Anda adalah dengan menggunakan HitPay.

Pelajari cara membuat toko online dengan mudah melalui HitPay di sini.

Tips Mengelola Website E-Commerce

Berikut adalah panduan efektif dalam mengelola website toko online yang Anda miliki:

1. Pahami dengan baik Admin Panel Toko Online

Admin panel merupakan pusat kontrol untuk mengatur segala hal dalam toko online, mulai dari harga hingga manajemen pesanan. Penting untuk memastikan bahwa admin toko online Anda sudah terampil dalam menggunakan admin panel. Jika masih ada kebingungan, ini mungkin menjadi pertanda bahwa mereka memerlukan pelatihan tambahan.

2. Manfaatkan Kalender untuk Perencanaan

Tata kelola toko online akan menjadi lebih terstruktur dengan rencana yang matang. Pastikan jadwal unggah produk atau artikel di blog toko online telah dirancang dengan baik di kalender. Gunakan kalender online seperti Google Calendar untuk memisahkan antara tugas pengelolaan toko online dan kegiatan pribadi.

3. Jelaskan dengan Rinci Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Untuk meningkatkan minat pengunjung terhadap toko online Anda, pastikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan sangat jelas. Sajikan informasi dengan sebaik-baiknya agar calon pembeli dapat dengan mudah memahami manfaat dan fitur yang ditawarkan. Dengan menjelaskan secara rinci, website toko online Anda akan terlihat lebih menarik dan dapat dipercaya oleh pelanggan.

Jika Anda sudah memiliki platform e-commerce untuk bisnis UMKM, Anda tentu memerlukan solusi pembayaran yang praktis dan efisien untuk mempermudah proses transaksi bisnis. Untuk itu, kami merekomendasikan untuk menggunakan HitPay sebagai plugin payment gateway. Pasalnya, HitPay menawarkan solusi pembayaran tanpa perlu ribet dengan coding. Sehingga, meski Anda baru pertama kali terjun dalam dunia bisnis online, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan sistem pembayaran ini ke dalam platform e-commerce yang Anda miliki, seperti Shopify, WooCommerce, Shopcada, Magento, Prestashop, dan banyak lagi.

Kelebihan lainnya adalah keberagaman metode pembayaran yang diterima, termasuk dari Indonesia bahkan dari luar negeri. Dengan HitPay, Anda dapat menerima pembayaran melalui berbagai cara sesuai dengan preferensi pelanggan. Menariknya, HitPay menawarkan harga yang relatif terjangkau bagi UMKM di Indonesia dan kini Anda tidak perlu khawatir tentang biaya pengaturan, biaya berlangganan, atau biaya tersembunyi lainnya. Karena dengan Hitpay, Anda bisa fokus pada pengembangan bisnis Anda tanpa harus memikirkan beban biaya tambahan yang tak terduga.

Temukan kemudahan dalam mengelola platform e-commerce bisnis UMKM Anda dengan menggunakan HitPay. Ayo, jadwalkan demo gratis dengan HitPay sekarang juga!


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!