HitPay: Alternatif Populer Payment Gateway Midtrans untuk UMKM Indonesia

HitPay memberikan solusi pembayaran yang lebih simpel dan efektif, tanpa coding atau melibatkan proses yang ketat dan rumit seperti yang ditemui pada Midtrans.

HitPay: Alternatif Populer Payment Gateway Midtrans untuk UMKM Indonesia
Alternatif Payment Gateway di Indonesia Selain Midtrans

Midtrans dan HitPay merupakan dua opsi payment gateway yang tengah diminati di Indonesia dan telah digunakan oleh beragam jenis bisnis, mulai dari skala kecil, UMKM, hingga perusahaan besar.

Belakangan ini, ada pergeseran sebagian pengguna payment gateway dari Midtrans ke platform lain, salah satunya adalah HitPay. Dinamika ini utamanya muncul karena penilaian mereka terhadap penurunan mutu layanan yang diberikan oleh Midtrans, salah satunya seperti respons yang lambat terhadap keluhan pengguna.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan analisis mendalam mengenai perbandingan dua payment gateway terkemuka di Indonesia, Midtrans dan HitPay. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Midtrans vs HitPay

Fitur & Kelebihan Payment Gateway

Salah satu layanan payment gateway yang populer di Indonesia adalah Midtrans dan HitPay. Sebagai bagian dari platform e-commerce terkemuka di Indonesia, Midtrans menyediakan solusi yang optimal untuk UMKM di tanah air. Lebih dari 25 metode pembayaran lokal, platform ini tidak hanya menyediakan akses yang mudah, tetapi juga dilengkapi fitur-fitur canggih untuk mempermudah pengelolaan pesanan Anda. HitPay bahkan lebih dari itu. Platform ini mendukung semua jenis pembayaran digital yang tersedia di Indonesia.

Selain itu, jika Anda menggunakan platform e-commerce selain Shopify atau WooCommerce, HitPay dapat menjadi alternatif yang lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Keunggulan HitPay terletak pada dukungan untuk berbagai plugin e-commerce terkemuka, termasuk Shopify, WooCommerce, EasyStore, Prestashop, Magento, OpenCart, Shopcada, Ecwid, Wix, dan Google Forms. Di sisi lain, tidak semua platform e-commerce tersebut dapat terintegrasi dengan Midtrans. 

Harga

Dalam konteks kebijakan harga, baik HitPay maupun Midtrans sama-sama menawarkan sistem pembayaran per transaksi. Meski begitu, HitPay menawarkan alternatif kebijakan terkait pemindahan atau pembagian biaya transaksi kepada pelanggan Anda. Kebijakan semacam ini, mungkin akan memberikan keuntungan bagi merchant dengan pengurangan atau pembagian biaya di antara pihak pembeli dan penjual.

Customer Support

Ketika membandingkan layanan pelanggan antara HitPay dan Midtrans, HitPay menerima apresiasi yang baik dari pengguna dengan perolehan skor review mencapai 4,7 dari 257 ulasan di Trustpilot. Di sisi lain, Midtrans mendapatkan skor 3,6 dari 134 ulasan di Google Review.

Tinjauan Google menyoroti sejumlah keluhan dan ketidakpuasan dari pengguna Midtrans di Indonesia. Beberapa di antaranya berkaitan dengan kualitas layanan yang menurun seiring berjalannya waktu, terutama dalam hal respons yang dianggap lambat dari customer service dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah.

HitPay: Alternatif Populer Payment Gateway Midtrans

Keunggulan HitPay Payment Gateway

Berikut adalah keunggulan HitPay sebagai salah satu penyedia payment gateway terbaik di Indonesia yang dapat menjadi alternatif selain Midtrans.

  • Mendukung segala jenis metode pembayaran. Layanan ini menjangkau berbagai metode pembayaran digital di Indonesia, termasuk QRIS (seperti OVO, Gopay, Link Aja!, Dana, ShopeePay, dan WeChat Pay), e-wallet, gerai, transfer bank, kartu debit, kartu kredit, dan BNPL (Buy Now Pay Later).
  • Tanpa biaya pengaturan atau langganan. Harga layanan HitPay Indonesia terjangkau dan transparan, dengan pembayaran yang hanya dikenakan per transaksi. Jumlah yang dibayarkan selalu dapat diketahui, dan HitPay memberikan opsi untuk mengurangi biaya mitra dengan memindahkan sebagian atau seluruh biaya transaksi kepada pelanggan.
  • Integrasi online dan offline tanpa biaya tambahan. Berbeda dengan beberapa penyedia gateway pembayaran lain yang populer seperti Midtrans, HitPay Indonesia menyediakan semua alat penting untuk bisnis online dan offline dalam satu platform, tanpa biaya langganan tambahan. Ini mencakup pembuat situs web & toko online, plugin untuk e-commerce, link pembayaran, aplikasi software POS, software faktur otomatis, serta integrasi akuntansi dengan Xero dan QuickBooks.
  • Proses pendaftaran dan penyelesaian pembayaran cepat. Setelah mendaftar dengan semua dokumen yang dibutuhkan, akun HitPay Indonesia dapat disetujui dalam waktu 3 hari kerja atau bahkan lebih cepat.
  • User-friendly. Memungkinkan Anda atau tim Anda mengelola fitur bisnis HitPay tanpa perlu pengalaman dalam coding. 

Selain itu, HitPay memiliki rating kepuasan pengguna di platform G2 dan Trustpilot mencapai 4.7, dan ini melampaui penilaian yang diberikan pengguna kepada payment gateway lain di Indonesia, termasuk Midtrans.

HitPay platform pembayaran all-in-one tanpa coding dan tidak ribet

Cara Mulai Menggunakan HitPay

Untuk memulai integrasi payment gateway dengan HitPay dapat Anda lakukan dengan mudah, bahkan dapat digunakan ke dalam platform e-commerce dalam waktu singkat. Silakan kunjungi situs web kami dan daftar sebagai pengguna. Inilah alasan mengapa semakin banyak bisnis di Indonesia yang memilih untuk menggunakan sistem pembayaran ini dalam menjalankan transaksi bisnis mereka.

Dibandingkan dengan platform payment gateway lainnya di Indonesia, HitPay menyediakan solusi pembayaran yang lebih sederhana dan efisien. Anda tidak perlu melakukan coding rumit, proses yang ketat dan ribet seperti Midtrans. HitPay hanya mengenakan biaya per transaksi, sehingga Anda hanya membayar ketika layanan ini benar-benar digunakan.

Ingin mendapatkan respon lebih cepat? Hubungi kami pada jam operasional, mulai dari jam 08.00-17.00 WIB dan jadwalkan demo gratis dari HitPay hari ini! 

Baca juga: Alternatif Terbaik Payment Gateway Midtrans di IndonesiaBaca juga: Perbandingan Payment Gateway di Indonesia [2023] - HitPay vs. Xendit, Midtrans, dan Doku


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!