Panduan Terbaru Membuat dan Menggunakan QRIS BCA di Indonesia 2024

Adanya QRIS BCA di Indonesia juga akan memberikan banyak keuntungan bagi anda. Seperti kemudahan dalam melakukan transaksi, keamanan yang lebih baik, dan potongan harga QRIS yang biasanya diberikan oleh merchant.

Panduan Terbaru Membuat dan Menggunakan QRIS BCA di Indonesia 2024

Pada zaman digital yang terus berkembang seperti saat ini, metode pembayaran elektronik semakin menjadi preferensi utama dikalangan masyarakat Indonesia saat melakukan transaksi pembayaran belanja online maupun offline. Salah satu inovasi metode pembayaran terbaru yang semakin diminati masyarakat Indonesia adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang kini juga tersedia dalam layanan BCA mobile, myBCA, atau Sakuku.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat QRIS BCA yang bisa berguna dalam berbagai aspek bisnis/UMKM di Indonesia atau aktivitas pribadi Anda. Mari kita simak panduan berikut ini selengkapnya!

Apa itu QRIS BCA?

QRIS BCA merupakan layanan inovatif dari Bank Central Asia (BCA) yang memungkinkan pengguna bisa melakukan dan menerima pembayaran melalui kode QR menggunakan berbagai aplikasi perbankan. Dengan QRIS BCA, anda bisa menerima pembayaran dengan mudah melalui aplikasi populer seperti GoPay, OVO, dan masih banyak lagi.

Jika Anda saat ini sedang merintis sebuah bisnis/UMKM di Indonesia, dan ingin menerima metode pembayaran tidak hanya dari QRIS saja, kami lebih merekomendasikan Anda untuk mencoba payment gateway terbaik di Indonesia, salah satunya HitPay.

Melalui payment gateway dari HitPay, Anda dapat menerima pembayaran dengan mudah dan cepat melalui beragam metode seperti QRIS, virtual account, BNPL, direct debit, gerai retail, e-wallet, serta kartu kredit dan debit. Yang lebih menarik, Anda tak perlu lagi membuag waktu hanya untuk menunggu verifikasi dari berbagai layanan untuk menerima pembayaran dari pelanggan Anda.

Cara Membuat QRIS BCA

Lantas, bagaimana cara membuat QRIS BCA? Berikut langkah-langkah lengkap untuk membuat QRIS BCA dengan mudah dan cepat.

  1. Persiapkan Dokumen Pendukung
    Sebelum membuat QRIS BCA, pastikan kamu telah menyiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti KTP/Paspor pemilik usaha, NPWP, SIUP/TDP, dan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang sudah diatur oleh pihak Bank Central Asia.
  2. Daftar sebagai Merchant BCA
    Setelah dokumen pendukung sudah lengkap, hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah dengan mendaftar sebagai Merchant BCA terlebih dulu melalui situs resmi Bank Central Asia. Setelah melakukan pendaftaran, lakukan pengecekan ulang apakah formulir pendaftaran yang telah anda isi sudah valid atau belum.
  3. Ajukan Permohonan QRIS BCA
    Jika data yang anda isi sudah dirasa valid, ajukan permohonan QRIS BCA dengan mengisi formulir online dan mengunggah dokumen-dokumen pendukung. Pastikan semua informasi yang kamu berikan sudah benar dan lengkap.
  4. Verifikasi dan Persetujuan
    Tim dari Bank Central Asia akan memverifikasi data dan dokumen yang kamu berikan. Jika semua persyaratan terpenuhi, permohonan kamu akan disetujui dan kamu akan mendapatkan akses untuk membuat QRIS BCA.
  5. Buat Kode QRIS
    Setelah mendapatkan persetujuan, login ke akun Merchant BCA dan ikuti petunjuk untuk membuat kode QRIS. Sesuaikan preferensi bisnis atau kegiatan pribadi kamu, apakah ingin menggunakan kode QR unik setiap transaksi atau kode QR permanen yang dapat digunakan berulang kali.
  6. Gunakan Kode QRIS dalam Transaksi
    Saat kode QRIS sudah dibuat, gunakan kode tersebut dalam transaksi pembayaran. Tampilkan kode QRIS di tempat usaha atau media promosi lainnya agar pelanggan dapat dengan mudah memindainya menggunakan aplikasi pembayaran mereka.

Cara Menggunakan QRIS BCA

Fitur QRIS pada BCA mobile

Dalam melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS BCA, cara menggunakannya sebenarnya terbilang cukup mudah. Hanya saja, anda harus memiliki aplikasi BCA Mobile terlebih dulu dan telah terdaftar dalam layanan m-banking BCA. Setelah anda terdaftar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile di smartphone anda.
  2. Pilih "m-BCA" dan setujui syarat dan ketentuannya dengan mengklik "Accept"
  3. Masukkan nomor kartu ATM BCA yang terdiri dari 16 digit, lalu klik "OK"
  4. Kemudian, kamu akan diarahkan ke aplikasi pesan teks di ponselmu, yang berisi pesan dari BCA. Kirim pesan tersebut dan tunggu balasan dari tim BCA.
  5. Setelah mendapatkan balasan, kembali ke BCA Mobile dan masukkan Kode Akses.
  6. Setelah masuk ke akunmu, cari opsi QR di BCA Mobile.
  7. Pindai kode QRIS yang tersedia di gerai, kasir outlet, atau tempat lainnya.
  8. Pastikan nama penerima sesuai dengan merchant yang bersangkutan.
  9. Masukkan jumlah transaksi yang diinginkan.
  10. Terakhir, masukkan PIN mobile banking BCA dan transaksi akan berhasil.

QRIS BCA merupakan sebuah solusi dalam transaksi pembayaran yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu kredit. Penggunaan QRIS BCA terbilang sangat mudah, anda cukup mengarahkan kamera smartphone pada kode QR yang tertera pada merchant.

Hal yang tidak kalah penting yaitu anda perlu memastikan bahwa merchant telah terdaftar sebagai mitra QRIS BCA, memastikan bahwa kode QR yang dipindai adalah valid, serta memastikan bahwa jumlah yang dibayarkan sesuai dengan harga barang atau jasa yang akan anda beli.

Temukan solusi lengkap untuk pembayaran bisnis Anda dengan HitPay Indonesia! Kami menghadirkan platform pembayaran yang lebih lengkap dan ramah pengguna untuk mendukung pertumbuhan usaha Anda. Ribuan UMKM di Asia Tenggara telah sukses mengadopsi sistem kami yang mudah digunakan tanpa perlu coding, serta sistem bayar per transaksi yang menguntungkan.

Dengan HitPay, Anda dapat memilih dengan mudah berbagai metode pembayaran untuk ditampilkan pada setiap saluran penjualan Anda, memungkinkan pelanggan untuk memilih opsi pembayaran sesuai keinginan mereka.

Ingin mencoba HitPay untuk bisnis Anda? Yuk, jadwalkan demo gratis hari ini.


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!