Tips Lengkap Menggunakan QRIS BCA untuk Semua Bisnis di Indonesia

QRIS BCA mempermudah transaksi tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu kredit. Caranya simpel: arahkan kamera smartphone ke QR code merchant. Dengan HitPay Indonesia, Anda dapat menikmati solusi pembayaran bisnis yang lengkap dan ramah pengguna tanpa perlu keterampilan pemrograman.

Tips Lengkap Menggunakan QRIS BCA untuk Semua Bisnis di Indonesia

Di zaman pembayaran digital saat ini, sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan QRIS? QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar pembayaran yang menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia, termasuk QRIS BCA. Struk kertas yang berisi kode QR untuk pembayaran lintas aplikasi ini merupakan tambahan pada mesin EDC yang biasa digunakan. QRIS memungkinkan setiap orang untuk melakukan transaksi dengan berbagai alat pembayaran, termasuk e-wallet dan m-banking.

Penggunaan metode pembayaran ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, dan mendukung kemajuan UMKM, sehingga pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Untuk menerapkannya dalam bisnis Anda, kami akan memberikan panduan lengkap menggunakan QRIS BCA bagi semua bisnis di Indonesia. Yuk, simak panduan berikut ini!

Apa itu QRIS BCA?

QRIS BCA merupakan layanan inovatif dari Bank Central Asia (BCA) yang memungkinkan pengguna bisa melakukan dan menerima pembayaran melalui kode QR menggunakan berbagai aplikasi perbankan. Dengan QRIS BCA, anda bisa menerima pembayaran dengan mudah melalui aplikasi populer seperti GoPay, OVO, dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan QRIS BCA

Dalam melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS BCA, cara menggunakannya sebenarnya terbilang cukup mudah. Hanya saja, anda harus memiliki aplikasi BCA Mobile terlebih dulu dan telah terdaftar dalam layanan m-banking BCA. Setelah anda terdaftar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile di smartphone anda.
  2. Pilih "m-BCA" dan setujui syarat dan ketentuannya dengan mengklik "Accept"
  3. Masukkan nomor kartu ATM BCA yang terdiri dari 16 digit, lalu klik "OK"
  4. Kemudian, kamu akan diarahkan ke aplikasi pesan teks di ponselmu, yang berisi pesan dari BCA. Kirim pesan tersebut dan tunggu balasan dari tim BCA.
  5. Setelah mendapatkan balasan, kembali ke BCA Mobile dan masukkan Kode Akses.
  6. Setelah masuk ke akunmu, cari opsi QR di BCA Mobile.
  7. Pindai kode QRIS yang tersedia di gerai, kasir outlet, atau tempat lainnya.
  8. Pastikan nama penerima sesuai dengan merchant yang bersangkutan.
  9. Masukkan jumlah transaksi yang diinginkan.
  10. Terakhir, masukkan PIN mobile banking BCA dan transaksi akan berhasil.

Berapa Biaya Potongan QRIS BCA Untuk Pelaku Bisnis di Indonesia?

Jika Anda belum mengetahui, ketika pelanggan membayar dengan menggunakan QRIS melalui aplikasi BCA mobile, merchant akan dikenai biaya yang disebut sebagai Merchant Discount Rate (MDR).

MDR sendiri merupakan biaya yang dikenakan kepada pedagang oleh Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) ketika bertransaksi menggunakan QRIS. Sesuai dengan informasi yang dilansir dari Bank Indonesia, MDR sepenuhnya ditanggung oleh pedagang dan tidak diperbolehkan untuk dibebankan kepada pelanggan.

Berdasarkan peraturan terbaru MDR yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, tarif potongan QRIS BCA telah naik menjadi 0,3%, dibandingkan sebelumnya yang gratis selama masa pandemi COVID-19 dengan mempertimbangkan situasi ekonomi Indonesia pada waktu tersebut. Tarif 0,3% ini berlaku khusus untuk pelaku Usaha Mikro yang melakukan transaksi di atas Rp100.000. Untuk transaksi QRIS di bawah Rp100.000, Bank Indonesia menggratiskan biaya layanannya.

Daftar QRIS via HitPay GRATIS, Pembeli Bisa Scan Pakai Apa Aja

Menambah metode pembayaran QRIS melalui HitPay

Pendaftaran QRIS melalui platform HitPay sangat sederhana dan cepat. Cukup lengkapi beberapa informasi, dan transaksi akan menjadi lebih aman serta menguntungkan karena pembeli dapat dengan mudah memindai kode QR untuk melakukan pembayaran. Untuk menambah metode pembayaran QRIS di HitPay, ikuti petunjuk berikut:

  1. Log masuk ke dashboard HitPay melalui http://dashboard.hit-pay.com/login.
  2. Akses menu Pengaturan > Metode Pembayaran.
  3. Pilih opsi Hubungkan pada metode pembayaran yang diinginkan dan isilah informasi yang diperlukan.
  4. QRIS akan dikirimkan dalam waktu 3-5 hari kerja melalui email/WhatsApp dan dapat segera digunakan.

QRIS BCA adalah solusi praktis untuk transaksi tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu kredit. Penggunaannya sangat sederhana, cukup arahkan kamera smartphone Anda ke kode QR pada merchant. Penting untuk memastikan bahwa merchant telah terdaftar sebagai mitra QRIS BCA, memverifikasi kevalidan kode QR yang dipindai, dan memastikan pembayaran sesuai dengan harga barang atau jasa yang dibeli.

HitPay Indonesia menyediakan solusi lengkap untuk pembayaran bisnis Anda! Platform pembayaran kami didesain lebih lengkap dan ramah pengguna, mendukung pertumbuhan usaha tanpa memerlukan keterampilan pemrograman. Ribuan UMKM di Asia Tenggara telah sukses mengadopsi sistem kami, yang mudah digunakan dan menawarkan sistem pembayaran per transaksi yang menguntungkan.

Dengan HitPay, Anda dapat dengan mudah memilih berbagai metode pembayaran untuk ditampilkan di setiap saluran penjualan, memberikan pelanggan pilihan pembayaran sesuai preferensi mereka. 

Ingin mencoba HitPay untuk bisnis Anda? Yuk, jadwalkan demo gratis hari ini.


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!