Panduan Memilih Sistem Aplikasi POS Gratis di Indonesia: Perbandingan 7 Pilihan Terpopuler di 2024

Pada artikel ini, kami menjelaskan panduan cara Memilih Sistem Aplikasi POS Gratis di Indonesia dan membandingkan tujuh aplikasi POS terpopuler di Indonesia 2024

Sistem Aplikasi POS Gratis di Indonesia: Perbandingan 8 Pilihan Terpopuler di 2024
Sistem Aplikasi POS Gratis di Indonesia: Perbandingan 8 Pilihan Terpopuler di 2024

Salah satu cara terbaik untuk membuat usaha Anda berjalan dengan lebih efisien adalah dengan menggunakan sistem POS.

Jika ini pertama kalinya Anda mendengar mengenai sistem POS, berikut penjelasan singkatnya: Sistem POS adalah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk mengelola semua pembelian dan penjualan usaha Anda, baik untuk transaksi tatap muka (offline) maupun transaksi online. Sistem POS juga kadang dikenal dengan istilah kasir online.

Penggunaan sistem atau aplikasi POS bisa berpengaruh besar untuk keberlangsungan usaha Anda, terutama jika selama ini Anda terbiasa melakukan segalanya secara manual. Ini dikarenakan aplikasi POS memungkinkan Anda untuk melacak transaksi penjualan secara real time.

Sistem Aplikasi POS Gratis di Indonesia: Perbandingan 8 Pilihan Terpopuler di 2024

Ditambah lagi, dengan menggunakan software POS, Anda juga dipastikan dapat menerima pembayaran dengan kode QR dan metode non-tunai lainnya. Tetapi bukan hanya itu yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi POS. Fitur-fitur yang ditawarkan tentunya akan berbeda untuk setiap software POS. Dan dengan begitu banyaknya pilihan sistem POS Indonesia saat ini, bagaimana Anda menentukan yang paling cocok untuk kebutuhan usaha Anda?

Kami dapat membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut. Pada artikel ini, kami membandingkan tujuh aplikasi POS terpopuler di Indonesia beserta tiap keunggulan dan kelemahan tiap sistem.

Perbandingan 7 Sistem Aplikasi POS Gratis di Indonesia

1) Moka POS - Sistem Aplikasi Kasir

Tersedia sejak 2014, Moka adalah salah satu aplikasi kasir online terpopuler di Indonesia, dan digunakan secara luas oleh usaha dari berbagai ukuran dan bidang. Moka menawarkan layanannya mulai dari harga IDR 299.000 per bulan, beserta biaya tambahan untuk fitur-fitur ekstra.

Keunggulan:
✅ Sudah terintegrasi dengan platform e-commerce dan pesan-antar makanan serta software bisnis Indonesia (dengan biaya tambahan)
✅ Tidak ada biaya instalasi + gratis coba selama 14 hari
✅ Biaya transaksi lebih murah apabila pembeli menggunakan kartu BCA

Kelemahan:
❌ Cukup mahal; layanan dasar tidak selengkap aplikasi POS lainnya, karena belum termasuk sistem manajemen karyawan dan pengelolaan pemesanan makanan online
❌ Biaya langganan bulanan hanya berlaku untuk satu cabang
❌ Hanya dapat digunakan di smartphone dan tablet

2) Majoo POS - Sistem POS Kasir

Meskipun Majoo baru mulai beroperasi sejak tahun 2019, sistem POS mereka sudah digunakan oleh lebih dari 30,000 UMKM di Indonesia. Majoo menawarkan beberapa tipe layanan yakni: Starter (IDR 149.000), Advance (IDR 299.000), dan Prime (IDR 599.000).

Keunggulan:
✅ Tipe layanan terendah sudah lengkap dengan berbagai fitur, termasuk integrasi dengan mesin EDC dan platform e-commerce Indonesia
✅ Tidak ada biaya instalasi + uji coba gratis selama 30 hari
✅ Tersedia opsi lebih murah untuk pilihan langganan beserta perangkat

Kelemahan:
❌ Usaha yang memiliki lebih dari empat gerai ritel harus membayar tipe layanan yang lebih tinggi (Advance) sebesar IDR 249.000 per gerai/bulan
❌ Aplikasi POS hanya berjalan di platform seluler dan tidak tersedia di iOS
❌ Integrasi terbatas dengan perangkat lunak atau aplikasi lain

3) Kasir Pintar POS

Sejak 2014, Kasir Pintar telah menyediakan software POS dengan biaya paling terjangkau di Indonesia, dan telah digunakan oleh lebih dari satu juta pemilik usaha. Selain versi gratis aplikasinya, Kasir Pintar juga menawarkan versi berbayar dari layanannya yang disebut Kasir Pintar PRO dengan biaya mulai dari IDR 55.000 per bulan.

Keunggulan:
✅ Tidak ada biaya instalasi + tersedia versi gratis seumur hidup dengan fitur-fitur tertentu
Software POS dapat digunakan di komputer dan smartphone
✅ Tidak ada biaya langganan per cabang

Kelemahan:
❌ Integrasi terbatas dengan aplikasi maupun platform lain
❌ Harga untuk versi Pro ditentukan oleh penggunaan penyimpanan cloud, dengan kapasitas awal terbatas hingga 10 MB

4) Olsera POS

Olsera, yang didirikan pada tahun 2015, adalah salah satu sistem POS terpopuler di Indonesia untuk penggunaan ritel, terutama oleh industri FMCG dan layanan makanan. Olsera menawarkan tiga tipe layanan langganan bulanan: Basic (IDR 128.000), Premium (IDR 218.000), and Pro (IDR 298.000).

Keunggulan:
✅ Tanpa biaya instalasi + gratis coba selama 14 hari
✅ Sistem POS tersedia di ponsel (Android dan iOS) dan komputer
✅ Harga untuk tipe layanan tertentu sudah termasuk pembuatan situs dasar untuk usaha Anda
✅ Dapat diintegrasikan dengan software bisnis lokal lainnya, seperti Jurnal
✅ Tidak ada biaya per cabang

Kelemahan:
❌ Jumlah perangkat dan pengguna dibatasi untuk pelanggan paket Basic
❌ Hanya tipe Pro yang disertai integrasi dengan e-commerce lokal

5) Pawoon POS

Pawoon Point of Sale (POS) adalah sebuah sistem kasir di Indonesia yang berbasis cloud. Aplikasi kasir Pawoon memudahkan pengguna untuk mengelola transaksi dan inventaris dari mana saja dan kapan saja.

Beroperasi sejak 2013, Pawoon adalah salah satu dari beberapa aplikasi POS di Indonesia yang memberikan penggunanya fleksibilitas untuk melakukan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan usaha mereka. Selain layanan versi gratis, Pawoon POS juga menawarkan versi berbayar dari aplikasinya dengan fitur-fitur ekstra, yakni: Pawoon Basic (IDR 149.000) dan Pawoon Pro (IDR 299.000).

Keunggulan:
✅ Memiliki layanan versi gratis seumur hidup (maks. 7 transaksi per hari)
✅ Dapat diintegrasikan dengan aplikasi bisnis lokal seperti Jurnal dan Accurate Online
✅ Aplikasi POS Pawoon adalah satu-satunya sistem POS dalam artikel ini yang memberikan pengguna gratis fitur menerima pesanan dari aplikasi pesan-antar makanan online dan e-commerce.
✅ Cloud-Based yang Memungkinkan akses data dari mana saja dan kapan saja dengan koneksi internet
✅ Dukungan Pembayaran Kartu Kredit. Mendukung pembayaran menggunakan kartu kredit yang dapat memperluas opsi pembayaran bagi pelanggan.

Kelemahan:
❌ Biaya langganan bulanan satu akun hanya berlaku untuk satu cabang
❌ Hanya dapat diakses menggunakan smartphone atau tablet
❌Mungkin memerlukan waktu bagi pengguna baru untuk terbiasa dengan antarmuka dan fitur aplikasi
❌ Kurangnya Fitur Kustomisasi. Tidak semua kebutuhan bisnis dapat terpenuhi dengan fitur standar yang disediakan oleh sistem kasir Pawoon

6) Qasir

Qasir adalah aplikasi POS yang sudah beroperasi sejak 2015, dan didesain untuk transaksi tatap muka baik untuk usaha retail maupun kuliner. Anda dapat mulai menggunakan versi gratis Qasir dan kemudian melakukan upgrade ke versi berbayar untuk mengakses fitur-fitur premium. Qasir mengenakan biaya langganan setahun di muka, baik untuk Qasir Pro (IDR 399.600/tahun) atau Qasir Pro Plus (IDR 694,500/tahun).

Keunggulan:
✅ Terdapat versi gratis, walau fitur yang tersedia terbatas
✅ Tidak ada biaya tambahan per cabang
✅ Terintegrasi dengan sistem pembayaran lokal dan platform pesan-antar makanan (hanya GrabFood)

Kelemahan:
❌ Untuk layanan berbayar, harus berlangganan langsung setahun
❌ Tidak ada versi offline

7) Loyverse POS

Loyverse adalah salah satu sistem POS internasional yang beroperasi di Indonesia. Sejak 2014, Loyverse menawarkan salah satu platform POS gratis terbaik yang ada saat ini, dengan fitur tambahan, seperti manajemen karyawan, tersedia dengan biaya tambahan mulai dari USD 5 hingga USD 25.

Keunggulan:
✅ Ada versi gratis (maks. 500 transaksi per bulan)
✅ Terintegrasi dengan platform e-commerce dan pesan-antar makanan online (dikenakan biaya tambahan)
✅ Menerima metode pembayaran lokal maupun internasional

Kelemahan:
❌ Dukungan integrasi dengan software bisnis maupun platform lokal terbatas
❌ Cukup mahal; biaya dibayarkan dengan Dolar Amerika, dan fitur tambahan dikenakan biaya per cabang dan per pengguna
❌ Hanya tersedia di platform Android dan iOS

HitPay POS — Sistem Aplikasi Kasir fleksibel yang berkembang bersama usaha Anda

Sistem Aplikasi POS Gratis di Indonesia: Perbandingan 8 Pilihan Terpopuler di 2024

Dapatkan sistem POS berkualitas premium tanpa pembayaran di muka atau biaya langganan bulanan dengan HitPay. HitPay, yang sudah banyak digunakan oleh UMKM di seluruh Asia Tenggara, menawarkan biaya layanan aplikasi yang dikenakan hanya ketika terjadi transaksi, sehingga Anda lebih leluasa untuk mengontrol biaya overhead bisnis Anda.

Keunggulan:
✅ Menerima metode pembayaran lokal dan internasional, baik e-wallet seperti GoPay dan OVO maupun kartu kredit Visa/Mastercard dari bank luar negeri
✅ Tidak ada biaya langganan bulanan
✅ Tidak ada biaya tambahan untuk setiap cabang
✅ Terintegrasi dengan platform pesan-antar makanan online serta berbagai e-commerce lokal (Tokopedia, Shopee) maupun internasional (Shopify)
✅ Aplikasi POS dapat digunakan dengan gratis—tanpa batasan

Kelemahan:
❌ Belum menerima pembayaran menggunakan mesin EDC
❌ Hanya dapat digunakan di smartphone atau tablet berbasis Android atau iOS

Kini tersedia di Indonesia, HitPay adalah platform pembayaran untuk semua kebutuhan usaha Anda. Sistem kami telah diadopsi oleh UMKM di negara-negara Asia Tenggara lainnya, yang menemukan metode tanpa perlu coding dan sistem bayar per transaksi kami ideal untuk usaha mereka.

Untuk mempelajari layanan kami dengan lebih lanjut, Anda dapat menjadwalkan demo gratis dengan kami, atau mendaftar ke platform kami untuk melihat bagaimana HitPay dapat membantu mentransformasi usaha Anda.


Tentang HitPay
HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!