6 Rekomendasi Pembuat Situs Web Online Gratis untuk Bisnis E-commerce di Indonesia

Dengan memiliki toko online, Anda dapat memperluas jangkauan bisnismu di dalam maupun di luar Indonesia. Karena, hal ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja oleh berbagai calon pelanggan.

6 Rekomendasi website builder Gratis untuk Bisnis E-commerce di Indonesia
6 Rekomendasi website builder Gratis untuk Bisnis E-commerce di Indonesia

Baik anak muda maupun orang dewasa di Indonesia, kini mengandalkan platform online seperti Shopee atau Tokopedia untuk membeli dan menjual barang. Jika Anda tertarik memulai bisnis online di Indonesia, sudah seharusnya Anda memiliki toko online sendiri agar lebih mudah memperluas ekspansi bisnis Anda.

Meski ada beberapa orang di Indonesia yang menganggap bahwa memiliki situs web untuk toko online yang bisa melayani transaksi jual-beli membutuhkan biaya yang besar, di sinilah website builder hadir. Anda bisa mendapatkan online store builder gratis ketika menggunakan HitPay.

Yuk, simak enam rekomendasi dari kami website toko online yang dapat membantu memperluas jangkauan dan pelanggan Anda.

6 Rekomendasi website builder Gratis untuk Bisnis E-commerce di Indonesia
HitPay solusi pembayaran all-in-one yang dilengkapi website builder gratis

Contoh ecommerce dan penjelasannya

E-commerce adalah singkatan dari electronic commerce, yang mengacu pada kegiatan jual beli barang atau jasa secara elektronik melalui internet. Salah satu contoh e-commerce yang populer adalah Amazon, sebuah platform besar yang memungkinkan pengguna untuk membeli berbagai produk secara online.

E-commerce adalah cara efisien dan praktis untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah. Di Indonesia, terdapat berbagai pembuat situs web online gratis yang memungkinkan pengguna untuk membuat toko online tanpa biaya. Salah satu contoh pembuat situs web online gratis di Indonesia adalah Toko Online Hitpay. Dengan menggunakan pembuat situs web online gratis ini, pengguna dapat dengan mudah membuat situs web bisnis online secara gratis tanpa harus memiliki keahlian khusus dalam pemrograman atau desain web.

Ini menjadi cara yang efektif bagi para pengusaha untuk memperluas jangkauan pasar mereka dan meningkatkan penjualan melalui platform e-commerce yang mudah diakses oleh konsumen online.

Alasan Mengapa Anda Membuka Website Toko Online/ ecommerce

Ada beberapa alasan mengapa Anda seharusnya mempertimbangkan untuk memiliki website toko online:

  1. Jangkauan Pasar yang Luas: Dengan toko online, Anda dapat mencapai pelanggan tidak hanya di wilayah lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional. Internet memberikan akses tanpa batas, menjadikan jarak bukan lagi hambatan untuk bertransaksi.
  2. Buka 24 Jam: Bedanya dengan toko fisik yang terbatas waktu operasionalnya, toko online Anda dapat berjualan 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pelanggan dapat mengakses produk dan layanan Anda kapan saja melalui perangkat mereka.
  3. Peningkatan Reputasi Brand: Dengan desain website yang menarik, Anda dapat membangun brand awareness yang kuat. Desain yang atraktif dan relevan dengan produk Anda akan meningkatkan daya ingat pelanggan terhadap merek Anda. Menampilkan ulasan dari pelanggan setia dan pencapaian bisnis juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  4. Modal yang Relatif Kecil: Pembuatan website toko online sekarang lebih terjangkau. Tanpa memerlukan tempat fisik untuk berjualan, biaya operasional menjadi lebih rendah. Selain itu, integrasi dengan platform omnichannel membuat sistem lebih sederhana dan membutuhkan jumlah karyawan yang lebih sedikit.

6 Rekomendasi Website Toko Online/jualan online

Berikut adalah beberapa rekomendasi website toko online yang bisa Anda pertimbangkan:

1. WooCommerce

Kami merekomendasikan WooCommerce sebagai platform toko online yang pertama. Ini adalah salah satu platform e-Commerce paling populer di seluruh dunia. Kelebihan utama dari WooCommerce adalah kemudahan penggunaannya, sekalipun Anda masih pemula. 

Melalui WooCommerce, Anda dapat mengelola operasi situs web Anda tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan. Selain itu, tersedia beragam desain tema dan ribuan plugin WooCommerce yang dapat digunakan mengembangkan bisnis Anda.

2. Shopify

Salah satu website toko online pilihan terbaik berikutnya untuk membuat toko online adalah Shopify. Dibandingkan dengan WooCommerce, Shopify merupakan platform e-Commerce yang bisa Anda gunakan dengan lebih mudah. Dengan fitur drag and drop, Anda akan semakin mudah untuk menyesuaikan toko online sesuai keinginan.

Selain itu, Shopify menyediakan uji coba gratis selama 14 hari tanpa perlu kartu kredit dan akses ke aplikasi marketplace yang berisi banyak add-on untuk memperkaya pengalaman berbelanja online.

3. Opencart

Opencart adalah pilihan terbaik selanjutnya untuk toko online Anda. Ini adalah Content Management System (CMS) open source yang dirancang khusus untuk membangun toko online. Dengan Opencart, Anda bisa membuat toko online lengkap dengan front end dan back end tanpa ribet.

Keunggulan Opencart sebagai CMS open source adalah fleksibilitasnya yang memungkinkan pengguna menggunakannya untuk tujuan komersial tanpa batasan.

4. Wix

Platform Wix sangat ideal bagi UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan bisnis mereka secara online. Wix menyajikan beragam fitur yang memudahkan pelaksanaan kegiatan bisnis di dunia maya. Dengan lebih dari 500 template yang siap digunakan untuk toko online, Wix memberikan fleksibilitas dalam merancang dan mengelola situs e-Commerce.

5. Odoo

Odoo e-Commerce merupakan platform toko online yang terhubung dengan sistem manajemen bisnis (ERP) Odoo. Dengan memanfaatkan Odoo e-Commerce, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengelola toko online Anda, sambil mengurus seluruh aspek bisnis dari satu platform yang terintegrasi.

6. Toko Online HitPay - Web builder Gratis

Dibandingkan dengan platform toko online yang sudah disebutkan sebelumnya, mungkin platform toko online HitPay adalah solusi terbaik dan terlengkap untuk semua keperluan bisnis online Anda. Jika Anda yang sudah memiliki toko fisik, toko online HitPay dapat secara otomatis menyinkronkan pembayaran dengan penjualan offline.

Fitur manajemen inventaris HitPay, membantu menyelaraskan stok di toko fisik dan online, sehingga ini bisa menghemat waktu berharga Anda. Dan menariknya, memulai Toko Online HitPay benar-benar gratis, dan Anda hanya membayar biaya transaksi ketika berhasil saja.

Toko Online Hitpay. Web builder Gratis

Tips untuk Tingkatkan konversi Penjualan toko online Anda

Anda mungkin mencari cara untuk meningkatkan konversi penjualan toko online Anda. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat membantu mengoptimalkan website Anda:

Toko Online Hitpay. Web builder Gratis

1. Gunakan Desain yang Responsif dan Navigasi yang Memudahkan

Anda penting untuk memastikan bahwa website Anda memiliki desain yang responsif. Sehingga, tampilan tetap terlihat menarik baik di PC, tablet, maupun smartphone. Navigasi yang mudah digunakan juga untuk membantu pelanggan menemukan produk yang mereka cari.

2. Tambahkan Security Badges

Fitur keamanan transaksi online memiliki peran penting. Pasalnya, memasang security badges di halaman checkout adalah salah satu cara untuk memberi tanda kepada pelanggan bahwa website Anda aman.

3. Optimalkan Halaman Kategori Produk

Pastikan halaman kategori produk Anda mudah dinavigasi. Ini memungkinkan pelanggan menemukan produk dengan cepat. AliExpress adalah contoh yang baik dalam hal ini, di mana Anda dapat menentukan kategori produk hingga detail produk yang terkecil.

4. Perhatikan Kualitas dan Jumlah Gambar

Gambar produk adalah kunci utama. Pastikan Anda menyediakan gambar berkualitas yang memperlihatkan produk dari berbagai sudut secara jelas. Hal ini karena, pelanggan perlu melihat katalog produk secara detail.

5. Desain Deskripsi Produk yang Informatif

Berkaitan dengan deskripsi produk, sebaiknya anda mencantumkan spesifikasi produk secara rinci. Di samping itu, Anda perlu juga memberikan alasan mengapa produk Anda adalah pilihan terbaik bagi pelanggan. Berikan pelanggan terkait informasi seperti performa produk dalam penggunaan sehari-hari.

6. Tampilkan Ulasan Konsumen

Strategi terakhir untuk meningkatkan konversi penjualan anda yaitu ulasan dari konsumen. Pastikan Anda menampilkan ulasan positif tentang produk Anda. Tentunya, ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon pelanggan anda. Selain itu, pastikan bahwa produk yang anda jual adalah produk berkualitas, sehingga mendapatkan ulasan positif dari pelanggan.

Ada beberapa rekomendasi platform toko online gratis yang bisa membantu mempromosikan produk jualan secara online, seperti HitPay misalnya. Toko Online HitPay merupakan platform terpadu untuk segala keperluan bisnis online Anda. Ini termasuk pendaftaran produk, pengelolaan pesanan, dan pemrosesan pembayaran dari pelanggan Anda.

Namun, jika Anda sudah memiliki offline store, HitPay dapat menyinkronkan pembayaran dengan penjualan offline. Kami juga menyediakan manajemen inventaris untuk menyelaraskan jumlah stok di offline store dan online Anda, menghilangkan kebutuhan untuk pencatatan manual dan menghemat waktu berharga Anda. 

Yuk, daftar akun HitPay dan buat toko online gratis mulai hari ini!


Tentang HitPay

HitPay merupakan platform penjualan lengkap yang bertujuan untuk memberikan solusi pembayaran full-stack tanpa coding bagi UMKM. Ribuan mitra telah berkembang dengan produk HitPay, yang membantu mereka menerima pembayaran online atau langsung dengan mudah. Bergabunglah dengan komunitas mitra kita sekarang!